1. Laki-laki berusia 60 tahun mengeluh muncul lenting-lenting berisi cairan di dada kanan sejak 2 hari lalu. Pasien juga merasakan nyeri. Pada pemeriksaan, didapatkan vesikel multipel berkelompok yang menyebar sesuai dermatom T11-T12. Pemeriksaan penunjang yang sesuai adalah ....

    A. KOH 10%
    B. KOH 20%
    C. Pemeriksaan Gram
    D. Pewarnaan dengan Ziehl-Neelsen
    E. Pemeriksaan Tzanck


  2. Wanita 33 tahun menderita psoriasis. Pada saat pemeriksaan, dokter mengangkat skuama pasien dan terdapat bintik perdarahan. Fenomena ini disebut …

    A. Koebner
    B. Tetesan lilin
    C. Striae gravidarum
    D. Nikolsky
    E. Auspitz


  3. Laki-laki 40 tahun datang dengan keluhan gatal di lutut kiri sejak 3 bulan lalu. Pasien bekerja sebagai staf ahli dengan beban kerja yang banyak. Pasien sering merasa cemas akan tugasnya. Pada pemeriksaan dermatologis didapatkan likenifikasi dengan skuama, lesi tampak eritema. Apa tatalaksana yang tepat untuk pasien ini ?

    A. Berikan asam salisilat
    B. Oleskan kortikosteroid salep
    C. Konsultasi ke psikiatri
    D. Perbanyak mandi
    E. Hindari garukan


  4. Bayi usia 1 minggu dibawa ibunya dengan keluhan terdapat benjolan di hidung. Benjolan berwarna merah. Bayi lahir cukup bulan dengan berat badan 2800 gram, ditolong bidan, dan tidak ada penyulit saat persalinan. Apa diagnosis yang paling mungkin pada kasus ini ?

    A. Hemangioma
    B. Melanoma maligna
    C. Karsinoma sel basal
    D. Karsinoma sel skuamosa
    E. Kaput suksadenum


  5. Bayi usia 2 bulan dibawa ibunya ke Puskesmas dengan keluhan timbul bintik-bintik putih di leher kanan sejak 5 hari lalu. Bintik-bintik biasanya meluas pada cuaca panas. Pada pemeriksaan fisik ditemukan vesikel kecil multipel berukuran 1-2 mm pada leher dan wajah. Anak tampak aktif bergerak. Terapi yang sesuai adalah ...

    A. Bedak kocok mengandung kalamin
    B. Bedak salisilat 5%
    C. Kortikosteroid topikal
    D. Kortikosteroid sistemik
    E. Resorsin


  6. Perempuan usia 35 tahun datang dengan keluhan utama rambut rontok pada berbagai area kepala sejak 1 bulan setelah melahirkan anak pertama. Saat ini pasien juga mengeluhkan kepala berketombe dan berminyak. Kira-kira rambut rontok sebanyak 200 helai/hari. Apakah diagnosis kerja pasien ini ?

    A. Alopesia areata
    B. Alopesia androgenik
    C. Telogen effluvium
    D. Anagen effluvium
    E. Katagen effluvium


  7. Seorang pria 18 tahun datang dengan keluhan nyeri seperti terbakar saat BAK sejak 3 hari yang lalu disertai duh tubuhseperti susu dan kental. Dari pemeriksaan mikroskopis didapatkan neutrofil dengan diplokokus Gram negatif intraselular. Apakah terapi yang tepat pada kasus ini ?

    A. Cefixime 400 mg PO dosis tunggal
    B. Ceftriaxone 250 mg IM + azitromycin 1 gr PO dosis tunggal
    C. Penicillin G 2,4 juta IU dosis tunggal
    D. Cefixime 400 mg dosis tunggal + doksisiklin 2x 100 mg selama 7 hari
    E. Azitromycin 1 g dosis tunggal


  8. Laki-laki 21 tahun, mengeluhkan terdapat bisul-bisul pada kedua ketiak sejak 3 minggu yang lalu. Awalnya benjolan kecil, berwarna kemerahan, terasa nyeri, semakin hari semakin membesar, kemudian pecah dan mengeluarkan nanah. Demam disangkal. Riwayat ganti produk deodoran dan mencukur bulu ketiak 2 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan obesitas. Pemeriksaan dermatologis: regio axilla dekstra et sinistra terdapat nodul eritematosa multipel dengan supurasi. Apakah diagnosis pasien ini ?

    A. Keratoderma
    B. Hidradenitis supurativa
    C. Furunkel
    D. Folikulitis
    E. Karbunkel


  9. Wanita 20 tahun datang dengan keluhan gatal pada pergelangan lengan kiri. Dua hari sebelumnya pasien menggunakan jam tangan pada tangan kiri. Pada pemeriksaan fisik didapatkan makula eritema disertai papulovesikel kecil yang berbentuk seperti lingkaran jam tangan. Terapi apa yang tepat untuk diberikan kepada pasien ini?

    A. Tetap gunakan jam tangan + krim antibiotik
    B. Tetap gunakan jam tangan + krim antihistamin
    C. Tetap gunakan jam tangan + krim kortikosteroid
    D. Lepas jam tangan + krim antihistamin
    E. Lepas jam tangan + krim kortikosteroid


  10. Seorang anak laki - laki berusia 4 tahun dibawa ke klinik dokter umum dengan keluhan demam sejak 5 hari yang lalu. Keluhan didahului dengan batuk, pilek, dan ruam kemerahan yang menyebar ke seluruh tubuh. Dari pemeriksaan didapatkan konjungtiva hiperemis dan ruam makulopapular seluruh tubuh. Apakah diagnosis pasien ini ?

    A. Morbili
    B. Roseola infantum
    C. Penyakit Kawasaki
    D. Scarlet fever
    E. Rubela


  11. Pasien laki-laki 37 tahun datang dengan keluhan muncul bintik-bintik kemerahan di hampir seluruh tubuh. Dari anamnesis didapatkan riwayat berganti-ganti pasangan seksual. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini ?

    A. Sifilis primer
    B. Sifilis sekunder
    C. Sifilis tersier
    D. Sifilis laten dini
    E. Sifilis laten lanjut


  12. Pasien 34 tahun datang dengan keluhan bercak kemerahan dan gatal pada dada kiri sejak 2 minggu yang lalu. Pasien sudah beli obat anti gatal sendiri ke apotek 5 hari yang lalu, namun keluhan kembali kambuh saat pasien lupa minum obat tersebut. Pasien bekerja sebagai seorang personal trainer yang sering berkeringat dan memakai baju ketat. Pada pemeriksaan dermatologi terdapat makula hiperpigmentasi, berbentuk bulat, tepi polisiklik, berskuama halus di atasnya, diameter 3,5 cm, central healing. Apakah pemeriksaan penunjang yang tepat untuk dilakukan pada kasus ini ?

    A. Pewarnaan Gram
    B. Pewarnaan Giemsa
    C. Pewarnaan PAS
    D. Lampu Wood
    E. Pemeriksaan KOH


  13. Pasien laki-laki 54 tahun datang dengan keluhan bercak keputihan sebanyak 2 buah di tubuh sejak 3 bulan yang lalu. Kulit tersebut dirasakan baal dan tidak nyeri. Pada pemeriksaan kerokan kulit didapatkan BTA (-). Pemeriksaan lain dalam batas normal. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. MH tipe PB
    B. MH tipe MB
    C. Pitiriasis versikolor
    D. Eritrasma
    E. Psoriasis


  14. Pasien laki-laki usia 53 tahun, datang dengan keluhan bercak di pipi sejak 4 tahun yang lalu. Bercak awalnya kecil dan kemudian membesar. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan plak hiperpigmentasi, soliter, berbatas tegas, ireguler, dan permukaan verukosa. Apa diagnosis pasien ini?

    A. Karsinoma sel skuamosa
    B. Karsinoma sel basal
    C. Melanoma maligna
    D. Nevus pigmentosus
    E. Keratosis seboroik


  15. Pasien laki-laki usia 25 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan benjolan di bokong kanan yang terasa nyeri sejak 4 tahun yang lalu. Benjolan tampak merah dan bengkak. Di atasnya terdapat titik-titik putih pada folikel rambut. Keluhan ini disertai dengan demam yang tidak terlalu tinggi. Apakah terapi topikal yang dapat diberikan untuk pasien ?

    A. Salep benzil benzoat 3%
    B. Salep gamexan 5%
    C. Salep gentamisin 2%
    D. Salep permethrin 5%
    E. Salep hidrokortison 2,5%


  16. Pasien laki-laki usia 40 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan muncul bercak kemerahan luas pada ketiak. Pada pemeriksaan dermatologi didapatkan lesi eritroskuamosa berskuama halus. Pemeriksaan lampu Wood menunjukkan warna coral red. Apa tatalaksana yang tepat pada kasus ini ?

    A. Eritromisin
    B. Klindamisin
    C. Amoksisilin
    D. Ampisilin
    E. Tetrasiklin


  17. Pasien wanita 25 tahun datang dengan keluhan keputihan berbau, duh tubuh berwarna putih keabuan. Pemeriksaan dengan tes amin KOH 10% menghasilkan sekret yang tidak berbau. Setelah dikakukan pemeriksaan mikroskopik ditemukan pseudohifa dengan blastospora dan clue cell (-). Apa agen penyebab kasus di atas ?

    A. Gardnella vaginalis
    B. Trichomonas vaginalis
    C. Candida albicans
    D. Pseudomonas aeruginosa
    E. Staphilococcus aureus


  18. Seorang anak perempuan datang dengan keluhan bintik-bintik kecil di seluruh tubuh yang jika digaruk akan tampak kemerahan. Status dermatologikus didapatkan papul berbatas tegas, tepi rata, permukaan licin, dan tampak seperti kubah. Pada benjolan tersebut terdapat cekungan yang bila ditekan mengeluarkan massa putih seperti nasi. Apakah agen penyebabnya ?

    A. Poxvirus
    B. Human papilloma virus
    C. Sarcoptes scabiae
    D. Demodex folliculorum
    E. Herpes simplex virus


  19. Seorang laki-laki datang dengan keluhan lenting-lenting di sekitar bibir sejak 5 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan vesikel bergerombol berisi cairan dengan dasar eritema. Terapi apakah yang tepat diberikan untuk pasien ini ?

    A. Antibiotik
    B. Analgesik
    C. Antipiretik
    D. Antijamur
    E. Antivirus


  20. Seorang laki-laki datang ke poliklinik dengan keluhan kulit terasa perih jika terkena sinar matahari sejak 6 bulan yang lalu. Pasien juga mengeluhkan silau jika melihat matahari secara langsung. Dari pemeriksaan fisik ditemukan depigmentasi universal dan rambut berwarna putih. Apa patofisiologi yang mendasari kondisi pasien ?

    A. Berkurangnya melanin
    B. Tidak adanya melanin
    C. Mengecilnya melanosit
    D. Berkurangnya melanosit
    E. Tidak adanya melanosit


  21. Laki-laki berusia 27 tahun datang ke IGD Rumah Sakit dengan perdarahan di paha kiri setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Pasien dalam keadaan sadar, lemas, tampak meringis kesakitan, dan masih bisa menceritakan kronologi kecelakaan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nadi 110 kali/menit, frekuensi napas 24 kali/menit, tekanan darah 120/70 mmHg, dan didapatkan perdarahan aktif pada regio femoralis sinistra. Apa tatalaksana yang tepat pada pasien tersebut ?

    A. Berikan oksigen nasal kanul
    B. Pasang cervical collar
    C. Lakukan RJP
    D. Pasang bebat tekan
    E. Pasang bebat tekan dan resusitasi cairan


  22. Seorang pasien laki-laki usia 27 tahun datang ke IGD Rumah Sakit dengan keluhan nyeri di lutut kiri. Keluhan terjadi setelah terkena tendangan di sekitar lutut saat bermain futsal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda-tanda vital dalam batas normal, pemeriksaan lokalis genu sinistra didapatkan edema di sekitar genu, tes Valgus (+), dan tes Varus (-), disertai dengan adanya tanda McMurray. Apa penanganan awal yang harus diberikan ?

    A. Operasi segera
    B. Kurangi aktivitas lutut sampai operasi selesai
    C. Kompres es
    D. Pemberian analgetik NSAID
    E. Tidak diperlukan penanganan khusus


  23. Perempuan usia 20 tahun datang dengan riwayat fraktur humerus sinistra 2 minggu yang lalu. Fraktur tidak sembuh sempurna dan timbul infeksi purulen pada daerah luka. Dari foto polos didapatkan gambaran focus bone menghilang. Pada pemeriksaan biopsi kauter ditemukan gambaran sekuestrasi, proliferasi sel inflamasi, dan jaringan granul. Apa diagnosis pasien di atas ?

    A. Osteoatritis
    B. Osteomielitis akut
    C. Osteomielitis kronik non-spesifik
    D. Osteomielitis kronik spesifik
    E. Artritis reumatoid


  24. Seorang perempuan berusia 35 tahun datang dengan keluhan nyeri pada lengan kanan setelah terjatuh saat sedang menyapu halaman. Pasien terjatuh dengan posisi tangan menahan badan. Pada pemeriksaan foto polos didapatkan fraktur pada 1/3 proksimal radius dan lepasnya sendi radioulna. Diagnosis pada pasien ini adalah …

    A. Fraktur Galeazzi
    B. Fraktur Montegia
    C. Fraktur Colle
    D. Fraktur Smith
    E. Fraktur reverse Colle


  25. Anak laki laki berusia 9 tahun datang dengan keluhan muncul benjolan di tungkai bawah kanan yang sudah 3 bulan ini dirasa membesar. Riwayat demam dan trauma disangkal. Pada pemeriksaan fisik ditemukan massa kemerahan di 1/3 medial tibia dengan konsistensi padat dan terfiksir pada jaringan di bawahnya. Pada pemeriksaan radiologi yang mungkin ditemukan adalah ...

    A. Onion skin appearance
    B. Soap bubble appearance
    C. Osteofit
    D. Codman's triangle
    E. Erosi tulang


  26. Seorang pria berusia 59 tahun datang dengan keluhan nyeri pada pergelangan kaki kiri sejak 6 bulan. Pasien memiliki riwayat pernah mengikuti lomba lari 5 km sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik ditemukan deformitas pada posterior ankle sinistra dan tes Thompson (+). Apakah diagnosis yang tepat ?

    A. Ruptur tendon Achilles
    B. Meniscus sprain
    C. Ankle sprain
    D. Anterior cruciate ligament rupture
    E. Posterior cruciate ligament rupture


  27. Seorang laki-laki berusia 40 tahun datang dengan keluhan nyeri pada paha sebelah kanan setelah terjatuh di kamar mandi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kaki tampak dalam posisi adduksi dan endorotasi, pada perabaan teraba benjolan di belakang tulang panggul. Apa diagnosis pasien tersebut ?

    A. Dislokasi kaput femur anterior
    B. Dislokasi kaput femur posterior
    C. Fraktur kaput femur dekstra
    D. Fraktur kolum femur dekstra
    E. Fraktur patologis


  28. Pasien perempuan berusia 25 tahun datang dengan keluhan benjolan di pergelangan tangan sejak 2 tahun terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan lunak, mobile, dan nyeri saat ditekan. Apakah diagnosis yang tepat ?

    A. Tendonitis
    B. Tendosinovitis
    C. Kista ganglion
    D. Osteoarthritis
    E. Arthritis reumatik


  29. Seorang wanita 55 tahun datang dengan keluhan nyeri tulang belakang sejak 1 bulan yang lalu, nyeri dirasa semakin memburuk, terasa memberat ketika membungkuk dan berjalan. Riwayat trauma dan benturan disangkal. Pasien mengatakan sudah menopause sejak 3 tahun yang lalu dan mulai mengonsumsi steroid yang dijual bebas di apotek sejak 2 tahun terakhir, TD 145/90 mmHg, napas 21 kali/menit, suhu 36.6° C, dan nadi 99 kali/menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan gibus. Pemeriksaan yang sesuai untuk menegakkan diagnosis kasus ini adalah ...

    A. Bone density scan
    B. Foto rontgen lumbosakral AP-lateral
    C. Foto toraks PA-lateral
    D. Bone spesific alkaline phosphate
    E. MRI


  30. Seorang laki-laki 25 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri pada bahu kanan setelah terjatuh dari sepeda. Pemeriksaan fisik nyeri pada bahu kanan, terdapat penonjolan pada klavikula kanan. Tangan tidak dapat menggenggam, terasa tebal, dan kesemutan. Untuk mencegah komplikasi, penatalaksanaan awal yang dapat dilakukan adalah ...

    A. Pasang figure of 8
    B. Pasang bidai
    C. Pemberian anaalgesik
    D. Fasciotomi
    E. Tourniquet


  31. Seorang ibu berusia 32 tahun mengalami penurunan kesadaran setelah melahirkan. Dua minggu sebelumnya pasien baru pulang dari Papua. Hasil pemeriksaan apusan darah tepi terdapat gametosit berbentuk pisang. Diagnosis kasus ini adalah …

    A. Malaria asimtomatik
    B. Severe falciparum
    C. Severe vivax
    D. Severe ovale
    E. Eklamsia


  32. Bayi perempuan, cukup bulan, dilahirkan secara spontan di bidan dengan berat 2.500 gram, APGAR baik. Setelah 24 jam pasca kelahiran bayi tampak pucat. Seluruh bibir, hidung, badan, tangan, dan tungkai bayi tampak kuning. Setelah dilakukan pemeriksaan darah didapatkan golongan darah ibu AB (-) dan bayi A (+). Apa diagnosis yang palng mungkin pada bayi ini ?

    A. Anemia defisiensi besi
    B. Asfiksia neonatorum
    C. Sepsis neonatorum
    D. Hemolytic disease of newborn
    E. Atresia bilier


  33. Anak laki-laki berusia 3 tahun, bengkak pada mata kanan sejak 1 minggu yang lalu disertai demam, pusing, dan penurunan nafsu makan. Pasien baru pulang dari Amerika Tengah 1 minggu yang lalu. Tanda vital normal, pada mata kanan didapatkan chagoma disertai edema periorbita, tidak ada sekret mau pun injeksi konjungtiva. Pada regio colli posterior teraba KGB ukuran 1 cm, mobile, dan tidak nyeri. Apa mikroorganisme penyebab kelainan ini ?

    A. Trypanosoma cruzii
    B. Leishmania donovani
    C. Naegleria fowleri
    D. Entamoeba hystolytica
    E. Plasmodium malariae


  34. Bayi berusia 2 bulan dibawa ke dokter untuk suntik vaksin kolera. Setelah disuntik terjadi perdarahan yang tidak kunjung berhenti pada lokasi injeksi. Riwayat lahir normal di dukun. Tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan penunjang didapatkan PT normal dan aPTT memanjang. Apa diagnosis yang mungkin pada pasien ini ?

    A. Defisiensi vitamin K
    B. Thalassemia
    C. Hemofilia
    D. Penyakit von Willebrand
    E. ITP


  35. Seorang laki-laki berusia 40 tahun datang ke Poliklinik RS dengan keluhan nyeri kepala hebat yang memberat sejak 1 bulan ini. Pasien merupakan seorang pegawai di SPBU. Pada pemeriksaan fisik didapatkan hepatosplenomegali tanpa limfadenopati. Hasil laboratorium rutin menunjukkan Hb 22 g/dL, leukosit 18 ribu/mm3, trombosit 700 ribu/mm3, MCV 90 fL, MCH 33.8 pg, eritrosit 25.8 juta/mm3, dan Ht 66%. Penyebab kasus diatas adalah ...

    A. Proliferasi multipoten
    B. Proliferasi mieloid
    C. Mutasi gen BCR-ABL
    D. Defisiensi eritropoitin
    E. Mutasi gen JAK-2


  36. Seorang perempuan berusia 46 tahun mengalami penurunan kesadaran setelah 5 menit sebelumnya disuntik antibiotik melalui akses intravena. Apa mekanisme yang mendasari keadaan pasien tersebut ?

    A. Reaksi hipersensitivitas tipe 1
    B. Reaksi hipersensitivitas tipe 2
    C. Reaksi hipersensitivitas tipe 3
    D. Reaksi hipersensitivitas tipe 4
    E. Reaksi hipersensitivitas tipe 5


  37. Pasien laki-laki berusia 35 tahun datang dengan keluhan demam tinggi sejak 5 hari yang lalu. Keluhan disertai mata kekuningan sejak 3 hari yang lalu. Pasien merupakan seorang petani dan sering melihat tikus berkeliaran di rumahnya. Pemeriksaan tanda vital menunjukkan TD: 110/70 mmHg, nadi: 98 kali/menit, pernapasan: 28 kali/menit, dan suhu: 38,8°C. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nyeri tekan musculus gastrocnemius. Apa diagnosis yang paling mungkin ?

    A. Leptospirosis
    B. Hepatitis
    C. Demam tifoid
    D. Malaria
    E. Toxoplasmosis


  38. Seorang anak berusia 7 tahun datang dengan keluhan demam sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan nyeri kepala, mual, dan muntah sehingga pasien tidak mau makan dan minum. Ada riwayat mimisan 2 hari sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 90/70 mmHg, suhu 39,4°C, nadi 130 kali/menit, dan terdapat petekiae di regio volar. Apa diagnosis yang paling tepat pada kasus ini ?

    A. DHF grade I
    B. DHF grade II
    C. DHF grade III
    D. DHF grade IV
    E. Demam dengue


  39. Seorang wanita berusia 45 tahun datang ke IGD dengan keluhan lemas dan pusing. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 110/70 mmHg, nadi 82 kali/menit, napas 20 kali/menit, dan suhu 37,1°C. Tidak ditemukan adanya organomegali. Dari pemeriksaan darah tepi dijumpai eritrosit makrositik. Diagnosis pasien ini adalah …

    A. Anemia defisiensi besi
    B. Leukemia akut
    C. Leukemia kronis
    D. Anemia defisiensi vitamin B12
    E. Anemia penyakit kronis


  40. Seorang perempuan berusia 22 tahun datang ke dokter dengan keluhan demam berulang sejak 4 minggu yang lalu. Pasien mengeluhkan tubuhnya terasa lemah, lemas, dan pucat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva anemis dan hepatosplenomegali. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 5.5 g/dL, Hct 17.1%, leukosit 2300/mm3, dan trombosit 29.000/mm3. Pada pemeriksaan apusan darah tepi didapatkan normokromik normositer, tidak ada sel blas, dan hitung retikulosit 0,5%. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Sindrom mielodisplasia
    B. Leukimia akut
    C. Anemia aplastik
    D. Pansitopenia sekunder
    E. Thrombotic thrombositopenic purpura


  41. Wanita 21 tahun mengeluh berdebar-debar sejak 2 bulan lalu. Selain itu berat badan pasien menurun. Pada pemeriksaan ditemukan eksoftalmus, tremor pada kedua tangan, dan teraba struma difusa pada regio leher depan. Hasil pemeriksaan laboratorium yang sesuai adalah ...

    A. TSH menurun
    B. TSH meningkat
    C. TSH normal
    D. T4 menurun
    E. T3 menurun


  42. Pria 40 tahun mengeluh dada berdebar-debar dan merasa lemas sejak 1 jam lalu. Pasien memiliki DM dan mengonsumsi obat antidiabetik oral. Obat apa yang paling mungkin menyebabkan keluhan di atas ?

    A. Glibenklamid
    B. DPP4-inhibitor
    C. SGLT-2
    D. Acarbose
    E. Metformin


  43. Laki-laki 58 tahun datang dengan keluhan mudah lemas sejak 3 bulan yang lalu disertai penurunan libido. Dari alloanamnesis istri diketahui bahwa emosi pasien sering berubah dan tingkahnya seperti anak remaja.Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 160/80 mmHg, rambut rontok, kulit keriput dan kendor, serta otot atrofi. Pemeriksaan penunjang yang tepat untuk menegakkan diagnosis pasien ini adalah...

    A. Kadar LH
    B. Kadar progesteron
    C. Kadar testosteron pagi
    D. Kadar androstenediol
    E. Kadar kolesterol


  44. Laki laki 40 tahun datang dengan keluhan jempol kaki terasa nyeri 8 jam yang lalu. Ada riwayat nyeri yang serupa sebelumnya, diberikan obat anti nyeri lalu keluhan menghilang. Keluhan ini sudah terjadi berulang-ulang. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan peningkatan kadar asam urat. Apa terapi yang tepat pada kasus ini ?

    A. Kodein
    B. Probenesin
    C. Paracetamol
    D. Allopurinol
    E. Kolkisin


  45. Wanita 27 tahun mengalami kejang 30 menit lalu. Kejang berlangsung selama 5 menit dan pasien tidak sadar. Saat kejang, pasien mengentakkan keempat ekstremitasnya. Sebelum kejang, pasien merasa wajahnya berkedut dan leher kaku. Pasien pernah menjalani tiroidektomi karena penyakit Graves. Penyebab kejang pada pasien ini adalah ....

    A. Hipokalemia
    B. Hipokalsemia
    C. Hipoklorida
    D. Hipomagnesium
    E. Hiponatremia


  46. Wanita 40 tahun datang keluhan nyeri punggung. Pasien memiliki riwayat asma persisten. Dari pemeriksaan rontgen ditemukan demineralisasi difus dan fraktur kompresi L3-L4 . Pada pemeriksaan penunjang didapatkan kadar ureum 40 mg/dL, kreatinin 1,9 mg/dL, albumin dan globulin normal, PTH 102 mg/dL, dan kalsium 11,2 mEq/L . Tidak ada riwayat konsumsi obat selain untuk asmanya. Apa diagnosis yang paling mungkin ?

    A. Osteoporosis medikamentosa
    B. Hiperparatiroidisme primer
    C. Hiperparatiroidisme sekunder
    D. Osteomalacia
    E. Mieloma multipel


  47. Perempuan 40 tahun datang dengan keluhan benjolan di leher bagian depan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva anemis dan atrofi papil lidah. Pada pemeriksaan biopsi didapatkan infiltrasi limfosit folikel tiroid dengan bentukan germinal sentrum beberapa folikel serta serbukan sel limfosit dan eosinofilik. Diagnosis kasus ini adalah...

    A. Tirotoksikosis
    B. Tiroid Hashimoto
    C. Tiroiditis giant cell
    D. Tiroiditis de Quervain
    E. Goiter edematosa


  48. Seorang laki-laki 42 tahun datang dengan keluhan sesak nafas sejak 1 minggu ini. Keluhan dirasakan memberat ketika aktivitas dan tidak membaik dengan istirahat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/80 mmhg, nadi 82 kali/menit, pernapasan 22 kali/menit, suhu 36,2°C. Hasil laboratorium menunjukkan GDS 172 mg/dl, LDL 170 mg/dl, trigliserida 280 mg/dl, HDL 30 mg/dl, dan kolesterol total 230 mg/dl. Manakah faktor resiko yang menyebabkan keluhan diatas ?

    A. Hipertensi
    B. Sindrom metabolik
    C. Hiperkolesterol
    D. Dislipidemia
    E. Hipertrigliserida


  49. Seorang laki laki usia 30 tahun mengeluhkan sering nyeri pada kaki sejak 6 bulan yang lalu. Keluhan juga disertai dengan kedua tangan dan kaki melemah dan membesar. Suara terdengar serak dan dalam. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan kelopak mata tebal dan besar, gigi berjarak jauh, lidah besar berkerut, kuku tebal dan keras. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah ?

    A. Gigantisme
    B. Sindrom Turner
    C. Addison’s disease
    D. Cushing’s disease
    E. Akromegali


  50. Laki-laki berusia 57 tahun datang berobat untuk kontrol. Pasien sudah pernah pasang stent pada pembuluh darah jantung. Pasien datang membawa hasil lab sebagai berikut: kolesterol total 240 mg/dL, HDL 35 mg/dL, LDL 260 mg/dL, trigliserida 215 mg/dL. Bagaimanakah target kontrol dislipidemia pada pasien ini ?

    A. Kolesterol total dan trigliserida < 200 mg/dL
    B. Kolesterol < 200 mg/dL
    C. HDL < 50 mg/dL
    D. LDL < 150 mg/dL
    E. Trigliserida < 200 mg/dL


  51. Perempuan berusia 40 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan badan terasa lemas sejak 2 jam lalu. Berat badan pasien bertambah sejak 3 bulan terakhir. Pasien sudah tidak menstruasi sejak 4 bulan, sudah periksa kehamilan dengan hasil negatif. Pasien sementara mengonsumsi obat prednison yang dibeli sendiri dengan dosis 3 x 1 tab selama 2 bulan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tampak lemah, kesadaran compos mentis, obesitas, tekanan darah 160/100 mmHg, nadi 110 kali/mnt, napas 20 kali/mnt, suhu 36,8°C, moonface, striae di abdomen dan hiperpigmentasi. Hasil laboratorium GDP: 180mg/dl. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. Cushing’s syndrome
    B. DM tipe 2
    C. Addison’s disease
    D. Hiperaldosteronisme sekunder
    E. Hiperaldosteronisme primer


  52. Seorang pasien mengeluh sering nyeri pada perutnya. Pasien memiliki kebiasaan minum jamu dan mengonsumsi antasida. Hasil pemeriksaan sekarang saat ini menunjukkan refleks patella kedua kaki menurun. Gangguan elektrolit yang menyebabkan keadaan pasien adalah ...

    A. Hiperkalsemia
    B. Hipermagnesia
    C. Hipokalsemia
    D. Hipomagnesia
    E. Hiperkalemia


  53. Anak usia 9 tahun datang dengan keluhan penurunan berat badan sejak 1 bulan, walaupun porsi makannya banyak Pasien juga sering buang air kecil dan sering merasa haus. Keluarga pasien tidak ada yang memiliki riwayat serupa. Pemeriksaan lab menunjukkan GDS 200 mg/dL, G2PP 450 mg/dL, dan pH 7,20. Diagnosis pada pasien ini adalah ...

    A. Diabetes insipidus
    B. Ketoasidosis diabetikum
    C. DM Tipe I
    D. DM Tipe II
    E. Hiperglikemik hiperosmolar


  54. Anak laki-laki usia 6 tahun dikeluhkan oleh ibunya sering mengalami patah tulang tanpa didahului oleh trauma. Apakah yang mendasari keluhan pasien di atas ?

    A. Defisiensi kalsium
    B. Difisiensi vitamin D
    C. Defisiensi besi
    D. Defisiensi kalium
    E. Defisiensi vitamin B12


  55. Anak perempuan usia 11 tahun dikatakan oleh ibunya mengalami pertumbuhan yang terhambat, tidak ada tanda pubertas, dada tampak melebar, dan jari-jari tampak pendek. Apa yang kemungkinan terjadi pada pasien ini ?

    A. Sindrom Down
    B. Sindrom Klinefelter
    C. Sindrom Turner
    D. Delayed puberty
    E. Sindrom Kellan


  56. Seorang wanita 32 tahun, hamil 27-28 minggu, mengeluh perutnya terasa mulas-mulas. Ia sudah tidak merasakan gerakan janin sejak 1 minggu lalu. Pada pemeriksaan, didapatkan TFU setinggi umbilikus dan tidak ditemukan DJJ. Pada USG tampak janin tunggal intrauterin. Apakah diagnosis pada kasus ini ?

    A. Missed abortion
    B. Abortus insipien
    C. IUGR
    D. IUFD
    E. Kehamilan ektopik terganggu


  57. Wanita 28 tahun, G2P1A0 hamil 38 minggu, mengeluh keluar cairan jernih dari jalan lahir yang banyak dan tidak bisa ditahan sejak 4 jam lalu. Kadang-kadang, pasien merasa mules. Pada pemeriksaan dalam, didapatkan pembukaan 4 cm, teraba tali pusat yang berdenyut, dan presentasi kaki. Penyulit yang dapat timbul adalah ...

    A. Atonia uteri
    B. Inversio uteri
    C. Prolaps tali pusat
    D. Infeksi uterus
    E. Ruptur uterus


  58. Wanita 20 tahun G1P0A0 usia kehamilan 12 minggu datang ke dokter untuk memeriksa kesehatan. Dari pemeriksaan didapatkan IgM toksoplasma reaktif, IgG toksoplasma non reaktif. Diagnosis pada pasien adalah…

    A. Infeksi toksoplasma akut
    B. Infeksi toksoplasma laten
    C. Infeksi toksoplasma sekunder
    D. Reaktivasi infeksi toksoplasma
    E. Infeksi toksoplasma masa lampau


  59. Wanita usia 30 tahun mengeluh nyeri pada payudara kanan sejak 2 hari lalu. Pasien baru melahirkan 7 hari yang lalu. Pada pemeriksaan, didapatkan pasien demam dengan suhu 38,9°C. Pada payudara kanan, ditemukan puting lecet, teraba hangat, nyeri tekan, dan eritema. Diagnosis kasus ini adalah ...

    A. Mastalgia
    B. Mastitis
    C. Inverted nipple
    D. Febris puerpuralis
    E. Abses payudara


  60. Wanita 38 tahun G3P2A0 hamil 36 minggu, mengeluh nyeri perut sejak 2 jam lalu setelah jatuh dari tangga. Pada pemeriksaan didapatkan tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 98 kali/menit, napas 20 kali/menit, perut teraba keras dan kencang. Selain itu, dari vagina keluar darah berwarna merah kehitaman. Apa diagnosis kasus ini ?

    A. Plasenta previa
    B. Solutio plasenta
    C. Vasa previa
    D. Ketuban pecah dini
    E. Inpartu


  61. Wanita 20 tahun G2P1A0 hamil 30 minggu datang dengan keluhan nyeri kepala, mata kabur, dan nyeri ulu hati. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 180/110 mmHg, nadi 85 kali/menit, napas 16 kali/menit. Pada pemeriksaan urin didapatkan hasil protein +3. Diagnosis pada pasien adalah …

    A. Eklampsia
    B. Hipertensi gestasional
    C. Impending eclampsia
    D. Superimposed preeclampsia
    E. Preeklamsia berat


  62. Wanita 30 tahun G2P1A0 hamil 10 minggu datang dengan keluhan nyeri perut bagian bawah. Riwayat trauma disangkal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum tampak sakit berat, tekanan darah 90/60 mmHg, nadi 112 kali/menit, napas 24 kali/menit, konjungtiva anemis, abdomen tegang, dan nyeri lepas. Pada pemeriksaan vaginal toucher didapatkan nyeri goyang portio, dan kavum Douglasi menonjol. Pemeriksaan b-HCG (+). Diagnosis pada pasien adalah …

    A. KET
    B. Mola hidatidosa
    C. Abortus insipiens
    D. Abortus iminens
    E. Plasenta previa totalis


  63. Perempuan usia 30 tahun P5A0 dengan keluhan perdarahan dari vagina sejak 4 jam yang lalu. Darah berwarna merah segar kurang lebih 4-5 gelas air mineral, sebelum keluar darah pasien mengaku nyeri pinggang seperti saat akan haid. Pasien baru selesai melakukan proses persalinan, ia mengatakan bahwa setelah proses persalinan keluar bercak kecoklatan yang hanya terlihat di celana dalam. Dua tahun yang lalu pasien melakukan operasi sesar karena proses persalinan yang terlalu lama. Saat ini tidak didapatkan kelainan pada pemeriksaan fisik, namun pasien merasa lemas. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus ini ?

    A. Atonia uteri
    B. Ruptur uteri
    C. Retensio plasenta
    D. Inversio uteri
    E. Subinvolusi uteri


  64. Seorang perempuan datang dengan keluhan perdarahan dari kemaluan sejak 2 hari setelah bersenggama. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva pucat. Pemerikssan ginekologi tampak massa berdungkul, rapuh dan mudah berdarah . pada USG uterus dan ovarium tidak terdapat massa. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Metastase karsinoma ovarium
    B. Leimiosarkoma
    C. Karsinoma serviks
    D. Karsinoma endometrium
    E. Sarkoma botroydes


  65. Seorang perempuan G2P1A0 hamil 38 minggu datang ke IGD RS dengan keluhan nyeri perut bawah dan mual sejak tadi malam. Pada leopold IV teraba besar bulat dan keras. Pada pemeriksaan dalam teraba mulut, hidung, dan dagu anterior. Tindakan yang seharusnya di lakukan adalah ...

    A. Forcep
    B. Pervaginam
    C. Ektraksi Vakum
    D. SC
    E. Injeksi oksitosin


  66. Pasien wanita usia 20 tahun G1P0A0 datang dengan keluhan perut terasa kencang, terasa 3 kali dalam 10 menit, setiap kontraksi selama 35-40 detik. Pada Leopold I: teraba padat, leopold II: tahanan memanjang di sinistra dan bagian kecil di dextra, leopold III: teraba lunak, dan leopold IV: teraba lunak, divergen. Pada pemeriksaan dalam didapatkan pendataran 75%, ketuban (+), dan pembukaan 4cm. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Letak lintang
    B. Letak sungsang
    C. G1P0A0 ketuban pecah dini
    D. Kala 1 fase aktif
    E. Kala 1 fase laten


  67. Wanita 25 tahun G2P1A0 hamil 32 minggu didiagnosis dengan tifoid. Dokter memutuskan untuk memulai terapi antibiotik pada pasien ini. Obat yang menjadi kontraindikasi adalah …

    A. Kloramfenikol
    B. AmoxicillIn
    C. Cefotaxim
    D. Ceftriaxon
    E. Penicillin


  68. Seorang perempuan 20 tahun G1P0A0 gravid 12 minggu datang dengan keluhan muntah-muntah. Muntah dialami sebanyak lebih dari 10 kali. Pada pemeriksaan didapatkan pasien tampak apatis, lemah, TD 90/50 mmHg, nadi 110 kali/menit. Pemeriksaan keton urin +2. Apakah diagnosis pasien tersebut ?

    A. Hiperemesis gravidarum grade I
    B. Hiperemesis gravidarum grade II
    C. Hiperemesis gravidarum grade III
    D. Hiperemesis gravidarum grade IV
    E. Emesis gravidarum


  69. Pasien 23 tahun G2A0 datang dengan keluhan keluar darah dari kemaluan. Pasien menyatakan sudah tidak menstruasi sejak 3 bulan yang lalu. Sebelumnya pasien mengatakan pernah keluar perdarahan dengan terdapat gumpalan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Pada inspekulo ditemukan portio tertutup dan perdarahan mulai berkurang. Diagnosis pada pasien ini adalah ...

    A. Abortus komplit
    B. Abortus iminens
    C. Abortus insipiens
    D. Abortus inkomplit
    E. Blighted ovum


  70. Pasien usia 70 tahun datang keluhan keluar daging di jalan lahir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Tampak massa di depan portio, 2 cm dari orifisium uretra eksternum, teraba halus, dan berwarna kemerahan. Apa diagnosis yang paling tepat ?

    A. Prolaps uteri grade II
    B. Prolaps uteri grade III
    C. Prolaps uteri grade I
    D. Prolaps uteri grade V
    E. Prolaps uteri grade IV


  71. Laki-laki, usia 50 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan nyeri saat BAK disertai pancaran yang tidak lancar, selain itu BAK juga terputus-putus. Kadang pasien harus mengubah posisi agar urin lancar kembali. Tidak ada nyeri yang dirasakan menjalar sampai ke penis. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 88 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu normal. Apa diagnosis yang tepat pada pasien ini ?

    A. Ureterolithiasis proksimal
    B. Ureterolithiasis distal
    C. Vesikulolithiasis
    D. Ureterolithiasis
    E. Nefrolithiasis


  72. Laki-laki usia 58 tahun, datang ke praktik dokter dengan keluhan sulit buang air kecil sejak 2 minggu yang lalu. Pasien mengaku kencing keluar sedikit-sedikit dan terkadang harus mengedan. Nyeri disangkal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah pasien 120/90 mmHg, nadi 80 kali/menit, nafas 18 kali/menit, suhu 36.50C. Pemeriksaan umum dalam batas normal. Pada colok dubur didapatkan prostat teraba kenyal, tidak ada nyeri tekan, dan pool atas tidak teraba. Secara anatomi, daerah apakah yang paling sering mengalami kelainan pada kasus ini ?

    A. Zona transisi
    B. Zona sentral
    C. Zona perifer
    D. Zona uretra
    E. Area fibromuskular


  73. Balita laki-laki, usia 1 tahun dibawa ibunya ke Puskesmas dengan keluhan ujung penis menggelembung setiap kali BAK. Keluhan demam dan nyeri disangkal. Saat dilakukan pemeriksaan didapatkan preputium menempel pada glans penis dan sulit ditarik ke belakang. Apa diagnosis balita tersebut ?

    A. Fimosis
    B. Parafimosis
    C. Hematoma penis
    D. Hipospadia
    E. Balanitis


  74. Perempuan usia 27 tahun, datang dengan keluhan sulit BAK. Selain itu pasien juga mengeluhkan nyeri pinggang. Riwayat keluhan seperti ini pada keluarga (+). Pada pemeriksaan ditemukan tekanan darah 160/100 mmHg. Hasil laboratorium ureum dan kreatinin normal. Dalam pemeriksaan urinalisis didapatkan kepingan eritrosit. Hasil USG didapatkan cairan yang mengisi kavitas ginjal. Apakah diagnosis pasien ini ?

    A. Sistitis
    B. ISK
    C. Glomerulonefritis akut post-streptokokal
    D. Ginjal polikistik
    E. Sindrom nefrotik


  75. Pria usia 27 tahun datang dengan keluhan bengkak pada kedua tungkai. Keluhan disertai perut membesar, kencing berwarna merah, dan volume sedikit. Pada pemeriksaan ditemukan tekanan darah 160/100 mmHg, nadi 100 kali/menit, napas 20 kali/menit, suhu 37,2°C. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 9 g/dl. Diagnosis kasus ini adalah...

    A. Gagal ginjal kronik
    B. Sindrom nefritik
    C. Ruptur ginjal
    D. ISK
    E. Gagal ginjal akut


  76. Pasien laki-laki dibawa ke IGD akibat kecelakaan lalu lintas. Padda pemeriksaan didapatkan TD=100/70 mmHg, nadi 84 kali/menit, napas 28 kali/menit. Didapatkan adanya duh tubuh berdarah, retensi urin, dan pada pemeriksaan colok dubur didapatkan floating prostate. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. Ruptur uretra anterior
    B. Ruptur ginjal
    C. Ruptur prostat
    D. Striktur uretra
    E. Ruptur buli


  77. Seorang laki-laki 20 tahun korban kecelakaan lalu lintas datang dengan keluhan nyeri pada pinggang kanan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nyeri ketok CVA kanan (+) dan terdapat eksoriasi 3x2 cm di pinggang kanan. Pada pemeriksan IVP didapatkan ekstravasasi kontras. Diagnosis yang tepat adalah ...

    A. Ruptur ginjal derajat 1
    B. Ruptur ginjal derajat 2
    C. Ruptur ginjal derajat 3
    D. Ruptur ginjal derajat 4
    E. Ruptur ginjal derajat 5


  78. Laki-laki usia 20 tahu mengeluhkan buah zakarnya terasa sakit setelah bermain bola. Tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan testis kanan lebih tinggi daripada kiri dan nyeri saat perabaan. Tes Phren (-). Apakah diagnosis yang mungkin ?

    A. Hidrocele
    B. Varicocele
    C. Torsio testis
    D. Epididimitis
    E. Hernia inguinalis lateralis


  79. Laki-laki 30 tahun dengan keluhan nyeri pinggang sejak 2 hari, disertai demam, dan kencing terasa panas. Tanda vital dalam batas normal, kecuali terdapat peningkatan suhu. Nyeri ketok CVA(+). Pemeriksaan darah rutin menunjukkan Hb 11 g/dL, leukosit 11.300/mm3, platelet 400.000/mm3. Dari urinalisis didapatkan urin keruh dan leukosit ++. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Gagal ginjal akut
    B. Prostatitis
    C. Uretritis
    D. Pielonefritis akut
    E. Pielonefritis kronik


  80. Laki-laki 36 tahun dengan keluhan sulit saat berkemih dan ketika berkemih urin bercabang. Pasien memiliki rwayat kecelakaan ketika naik sepeda beberapa bulan lalu. Pada pemeriksaan didapatkan tanda vital dalam batas normal. Diagnosis pasien ini adalah …

    A. Striktur uretra
    B. BPH
    C. Tumor buli
    D. Batu buli
    E. Batu ureter


  81. Laki-laki 30 tahun datang ke IGD dengan keluhan badan terasa kaku. Tangan terasa tertarik dan bergerak sendiri tanpa bisa dikendalikan. Sebelumnya pasien mengalami BAB cair dan muntah. Pasien berobat ke puskesmas dan diberikan obat untuk mengurangi keluhannya. Obat yang memiliki efek samping pada keadaan pasien adalah…

    A. Loperamide
    B. Domperidone
    C. Metoklopramide
    D. Ondansetron
    E. Omeprazole


  82. Wanita 40 tahun datang ke RS dengan keluhan nyeri ulu hati. Pada pemeriksaan penunjang, ditemukan H. pylori. Terapi yang tepat adalah…

    A. PPI + amoksisilin + metronidazol
    B. PPI + metronidazol + klaritromisin
    C. PPI + H2 antagonis + antasida
    D. PPI + sukralfat + antasida
    E. H2 antagonis + bismut + amoksisilin


  83. Laki-laki 55 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri perut kanan atas sejak 3 hari lalu. Keluhan disertai mual, muntah, dan demam. Pada pemeriksaan fisik teraba hepar 3 jari di bawah arkus kosta, floating, tepi tumpul. Pada USG ditemukan massa 8,6 cm x 7,8 cm. Diagnosis pada pasien adalah…

    A. Kolangitis
    B. Hepatitis
    C. Kolesistitis
    D. Fatty liver
    E. Abses hepar


  84. Pria 63 tahun datang dengan keluhan sesak dan nyeri perut kanan atas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 140/100 mmHg, nadi 100 kali/menit, napas 20 kali/menit, suhu afebris, shifting dullness (+), dan fluktuasi (+). Pasien tidak ada riwayat mengkonsumsi alkohol. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan HDL 30 mg/dL, GDS 299 mg/dL, dan AST 110 U/L. Diagnosis pada pasien ini adalah …

    A. Abses hepar
    B. Karsinoma hepar
    C. Hepatitis
    D. Kolesistitis
    E. Hepatitis A


  85. Laki-laki 50 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan perut yang semakin membesar sejak 1 bulan yang lalu. Keluhan disertai dengan mata kuning. Dari pemeriksaan fisik ditemukan TD 110/70 mmHg, nadi 65 kali/menit, napas 22 kali/menit, dan suhu 36,5°C. Didapatkan spider naevi, asites, dan splenomegali. Pemeriksaan lab didapatkan Hb 9 gr/dL, albumin 2,3 g/L dan globulin 3,3 g/L. Diagnosis pasien adalah…

    A. Sirosis hepatis
    B. Hepatitis B akut
    C. Hepatitis B kronis
    D. Hepatitis alkoholik
    E. Fatty liver


  86. Wanita 35 tahun datang dengan keluhan sulit menelan sejak 1 tahun terakhir. Keluhan juga disertai dengan penurunan berat badan dalam beberapa bulan terakhir. Gambaran hasil pemeriksaan adalah seperti berikut. Diagnosis pasien adalah …

    A. GERD
    B. Esofagitis
    C. Akalasia
    D. Gastristis
    E. Ulkus duodenum


  87. Laki-laki 35 tahun datang dengan keluhan demam sejak 6 hari lalu. Keluhan disertai mual, muntah, nyeri perut, dan lemas. Pasien mempunyai kebiasaan makan kerang mentah hampir tiap minggu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 110/80 mmHg, nadi 98 kali/menit, napas 20 kali/menit, suhu 38,6°C, sklera ikterik, hepatomegali dan tanpa splenomegali. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan hasil AST dan ALT meningkat, bilirubin total 25 mg/dL. Pemeriksaan serologis yang diperlukan untuk menunjang diagnosis adalah …

    A. IgM anti HAV
    B. IgG anti HAV
    C. IgM anti HBc
    D. Total anti HBc
    E. Anti HBs


  88. Seorang anak usia 2 minggu, terdapat celah pada bibir dan rongga mulut. Tidak terdapat riwayat keluarga seperti pasien. Ada kesulitan saat menyusui. Diagnosis pasien adalah ...

    A. Labiopalatoschizis
    B. Palatoschizis
    C. Gnatoschizis
    D. Labioschizis
    E. Labiopalatognatoschizis


  89. Seorang pria mengeluhkan nyeri pada perut disertai dengan demam. Pemeriksaan fisik: TD: 120/70 mmHg, N: 100 kali/menit, P: 20 kali/menit, S: 38.2°C. Pada pemeriksaan abdomen didapatkan defans muskular dan perkusi perut berpola papan catur. Apakah diagnosis pada kasus di atas ?

    A. Kolitis
    B. Apendisitis
    C. Peritonisis
    D. Kolelitiasis
    E. Kolesistitis


  90. Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang ke IGD dengan keluhan terdapat benjolan pada lipat paha kirinya sejak 1 minggu. Benjolan dirasa nyeri terlebih lagi saat mengangkat beban berat. Selain itu pasien juga merasakan mual dan muntah-muntah. Diagnosis yang paling mungkin adalah...

    A. Tumor testis
    B. Hernia inguinalis lateralis reponibilis
    C. Hernia inkarserata
    D. Hernia inguinalis lateralis ireponibilis
    E. Hernia sikatrik


  91. Pasien laki-laki 28 tahun datang ke praktek dokter dengan keluhan buang air besar berlemak. Keluhan disertai nyeri perut dan diare. Pada pemeriksaan fisik ditemukan TD 120/80 mmHg, nadi 90 kali/menit, napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5°C. Pada pemeriksaan feses ditemukan parasit berflagel, motil, dan simetris. Apa mikroorganisme yang dimaksud ?

    A. Giardia lamblia
    B. Entamoeba histolitica
    C. Vibrio colerae
    D. Schistosoma japonicum
    E. Balantidium coli


  92. Seorang laki-laki usia 18 tahun datang dengan keluhan nyeri perut sejak 2 hari yang lalu. Nyeri seperti ditusuk tanpa adanya nyeri bagian ulu hati disertai mual, muntah, dan diare. Pasien mengeluh gatal di bagian dubur, telapak tangan, dan telapak kaki. Tanda vital: TD 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, napas 18 kali/menit, suhu 37°C. Dari pemeriksaan fisik didapatkan nodul eritem dan soliter seperti benang pada regio glutea, telapak tangan, dan telapak kaki. Pemeriksaan feses didapatkan larva rabditiformis. Apa diagnosis yang tepat ?

    A. Giardiasis
    B. Strongiloidiasis
    C. Ankilostomiasis
    D. Askariasis
    E. Tricuris


  93. Perempuan 35 tahun datang dengan keluhan buang air besar bercampur darah segar menetes. Keluhan disertai benjolan pada anus yang bisa dimasukan menggunakan jari. Kemungkinan diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Hemorroid grade I
    B. Hemorroid grade 2
    C. Hemorroid grade 3
    D. Hemorroid grade 4
    E. Hemorroid grade 5


  94. Laki-laki usia 50 tahun datang dengan keluhan mual, muntah, serta tidak dapat buang air besar. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Dari pemeriksaan fisik perut didapatkan darm steifung, darm contour, peningkatan bising usus, dan metallic sound. Pada pemerikasaan BNO 3 posisi ditemukan gambaran step ladder patterndan herring bone. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Ileus obstruktif
    B. Ileus paralitik
    C. Irritable bowel syndrome
    D. Chron’s disease
    E. Kolitis ulseratif


  95. Seorang bayi selalu memuntahkan ASI setelah diberikan ASI oleh ibunya sejak lahir. Selain itu, air liur pasien juga dikatakan terus mengalir. Dokter berusaha memasukan selang lambung namun selalu gagal. Apakah diagnosis yang tepat ?

    A. Akalasia
    B. Atresia esophagus
    C. Atresia duodenum
    D. Divertikulum esophagus
    E. Atresia duodenum


  96. Seorang anak laki-laki 4 tahun dibawa ke IGD karena kembung sejak 3 hari terakhir. Keluhan disertai muntah sisa makan yang lama-kelamaan berwarna kuning kehijauan. Pasien dikatakan buang air besar disertai darah dan lendir sejak 2 hari lalu dan tidak bisa kentut sejak 1 hari lalu, BAK normal. Pada pemeriksaan fisik tidak terdapat bising usus. Foto polos abdomen menunjukkan air fluid level dan udara tidak terdistribusi sampai distal. Hasil USG abdomen ditemukan target sign. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Apendisitis
    B. Patent ductus urachus
    C. Omfalitis
    D. Divertikulum Meckel
    E. Hernia umbilikalis


  97. Wanita 23 tahun, datang dengan keluhan nyeri ulu hati, terasa terbakar sejak 3 bulan yang lalu. Dirasakan terutama saat tidur malam hari. Disertai dengan batuk tidak berlendir. Apakah diagnosis kasus ini ?

    A. GERD
    B. Gastritis
    C. Peptic ulcer
    D. Duodenal ulcer
    E. Psychogenic stress


  98. Seorang wanita 22 tahun datang dengan keluhan nyeri ulu hati. Pasien juga mengeluh mual muntah berisi sisa makanan. Keluhan dirasakan sejak beberapa bulan. Riwayat muntah darah disangkal. Riwayat sering minum obat anti nyeri yang dibeli di apotek. Hasil pemeriksaan gastroduodenoskopi didapatkan mukosa gaster eritema, edematous kriptae, dan erosi mukosa. Apa terapi yang tepat diberikan pada pasien ?

    A. Lansoprazole
    B. Ondansentron
    C. Ranitidin
    D. Metoclopramide
    E. Loperamide


  99. Seorang wanita usia 35 tahun datang dengan keluhan nyeri pada perut kanan atas yang dirasakan sejak 5 jam yang lalu. Sebelumnya pasien makan di restoran cepat saji. Keluhan demam disangkal. Pemeriksaan penunjang menunjukkan Hb 12 g/dL, leukosit 15.000/mm3, dan kolesterol total 260 mg/dL. Kemungkinan diagnosis pada pasien ini adalah ...

    A. Apendisitis akut
    B. Kolesistitis
    C. Kolelitiasis
    D. Kolangitis
    E. Pankreatitis


  100. Bayi usia 1 hari dibawa ibunya karena muntah terus-menerus. Muntah bertambah sering terutama ketika diberi ASI. Foto polos menunjukkan gambaran double bubble appearance. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Stenosis pilori
    B. Stenosis esofagus
    C. Atresia esofagus
    D. Intususepsi
    E. Atresia duodenum


  101. Laki-laki 50 tahun tidak sadarkan diri, diantar keluarganya ke IGD. Pada pemeriksaan, nadi karotis tidak teraba. Tatalaksana kasus ini adalah…

    A. Adenosin 6 mg
    B. Epinefrin 0,1 mg
    C. Defibrilasi monofasik 360 J
    D. Defibrilasi monofasik 200 J
    E. Kardioversi 150 J


  102. Anak usia 2 tahun mengalami sesak sejak 1 bulan lalu. Pasien tidak pernah biru sebelumnya. Pada pemeriksaan, terdengar ejection systolic. Diagnosis kasus ini adalah ....

    A. ASD
    B. VSD
    C. Tetralogy of Fallot
    D. PDA
    E. Koarktasio aorta


  103. Pria 35 tahun mengeluh nyeri dada sejak 1 minggu lalu. Pasien juga mengeluhkan nyeri sendi yang berpindah. Sebulan yang lalu, pasien mengalami batuk berdahak. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/80 mmHg, nadi 120 kali/menit, napas 22 kali/menit, dan murmur pansistolik di apeks. Pemeriksaan ASTO (+). Kelainan pada kasus ini adalah ....

    A. Stenosis mitral
    B. Regurgitasi mitral
    C. Stenosis trikuspid
    D. Regurgitasi trikuspid
    E. Stenosis aorta


  104. Laki-laki 40 tahun dibawa ke UGD karena henti jantung. Dokter dan perawat melakukan RJP. Setelah 5 siklus, nadi arteri karotis tidak teraba dan EKG asistol. Apa tindakan yang harus dilakukan selanjutnya ?

    A. Hentikan RJP
    B. Lanjutkan RJP
    C. Defibrilasi bifasik 120 J
    D. Defibrilasi bifasik 200 J
    E. Defibrilasi monofasik 360 J


  105. Wanita 39 tahun, G3P2A0 datang dengan keluhan nyeri pada kedua kaki. Keluhan dirasa membaik dengan istirahat. Sebelumnya pasien punya riwayat operasi SC sebanyak 2 kali. Pada pemeriksaan tampak adanya pembuluh darah yang berkelok-kelok, kemerahan, dan pulsasi arteri dorsalis pedis (+). Apa diagnosis pada pasien ini ?

    A. Insufisiensi vena kronik
    B. Iskemik akut
    C. Trombosis vena dalam
    D. Tromboflebitis
    E. Tromboangitis obliterans


  106. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang dengan keluhan sesak sejak 2 hari lalu. Sesak dirasakan memberat ketika pasien berada dalam posisi berbaring. Kedua kaki juga bengkak. Pasien memiliki riwayat hipertensi. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan hasil TD 150/90 mmHg, nadi 82 kali/menit, napas 28 kali/menit, JVP meningkat, dan ronkhi basah pada kedua lapang paru. Tatalaksana yang tepat adalah ...

    A. Captopril
    B. Furosemid
    C. Spironolakton
    D. Amiodaron
    E. Aspillet


  107. Seorang perempuan usia 64 tahun dibawa ke IGD RS dengan keluhan nyeri dada kiri sejak 1 jam yang lalu. Keluhan disertai keringat dingin dan nyeri ulu hati. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 160/90 mmHg, nadi 100 kali/menit, napas 30 kali/menit, dan suhu 36.3°C. Pada pemeriksaan EKG ditemukan ST elevasi pada segmen II, III, dan aVF. Hasil lab dalam batas normal. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. Angina pektoris
    B. Infark miokardium
    C. Dispepsia
    D. Takikardia ventrikular
    E. GERD


  108. Pasien perempuan 40 tahun datang dengan keluhan sesak sejak 2 bulan dan memberat sejak seminggu. Pada pemeriksaan didapatkan TD: 130/80 mmHg. napas: 24 kali/menit, dan ada venektasi di muka dan lengan kanan pasien. Pada foto toraks didapatkan kardiomegali. Apa diagnosis yang mungkin pada pasien ?

    A. Penekanan vena kava inferior
    B. Infiltrasi ke dinding dada
    C. Gagal jantung kanan
    D. Infiltrasi ke pembuluh darah
    E. Penekanan tumor ke jantung


  109. Seorang pasien datang dengan keluhan sesak nafas. Dirasakan sejak beberapa jam yang lalu. Pada pemeriksaan didapatkan ronkhi basah di seluruh lapang paru. Pada auskultasi didapatkan suara jantung murmur di apeks. Pada pemeriksaan fisik didaapatkan nadi 125 kali/menit, napas 35 kali/menit. Dari perekaman EKG didapatkan rapid atrial fibrillation. Tatalaksana yang tepat untuk pasien ini adalah ...

    A. Furosemid dan bisoprolol
    B. Furosemid dan captropil
    C. Bisoprolol dan captropil
    D. Furosemid dan digoxin
    E. Furosemid dan aspillet


  110. Wanita 20 tahun datang dengan keluhan penurunan kesadaran. Diketahui sebelumnya pasien melakukan suntik pemutih kulit di salon kecantikan. Saat ini tekanan darah 80/50 mmHg, nadi 130 kali/menit, napas 32 kali/menit. Diagnosis yang tepat adalah ...

    A. Syok kardiogenik
    B. Syok anafilaktik
    C. Syok hipovolemia
    D. Syok neurogenik
    E. Syok distributif


  111. Seorang perempuan 43 tahun datang dengan batuk dan penurunan berat badan sejak 2 minggu terakhir. Lima tahun yang lalu pernah berobat TB selama 6 bulan dan dinyatakan sembuh. Tanda vital normal. Apa tatalaksana yang tepat ?

    A. OAT kategori 1
    B. OAT kategori 2
    C. OAT kategori 1, fase sisipan
    D. OATkategori 1, fase lanjutan
    E. OAT kategori 3


  112. Laki-laki 39 tahun dengan keluhan batuk produktif sejak 5 hari lalu. Keluhan disertai dengan demam tinggi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suara nafas dasar bronkhial dan ronkhi basah kasar di lapang paru kanan. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan Hb 14.8 g/dL, leukosit 19000/mm3. Hasil foto toraks tampak infiltrat di paru kanan. Diagnosis yang tepat adalah ...

    A. PPOK eksaserbasi akut
    B. Pneumonia
    C. Bronkhitis akut
    D. Abses paru
    E. TB paru


  113. Seorang wanita 40 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan batuk sejak 3 minggu yang lalu. Batuk disertai mudah lelah, penurunan berat badan dan meriang saat malam hari. BMI pasien 17 kg/mm2. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/80 mmHg, napas 24 kali/menit, nadi 90 kali/menit, suhu 37,1°C. Dari auskultasi didapatkan suara vesikuler pada kedua paru. Hasil foto toraks didapatkan bercak retikulogranuler yang tersebar difus di kedua lapang paru. Apakah diagnosis pada kasus tersebut ?

    A. PPOK
    B. TB milier
    C. Bronkhitis kronis
    D. Brokhiolitis
    E. Brokiektasis


  114. Laki-laki 60 tahun datang dengan keluhan sesak napas sejak 2 minggu lalu. Keluhan diikuti nafsu makan menurun dan keringat malam. Tidak ada riwayat minum OAT dan merokok. Tanda vital dalam batas normal. Pemeriksaan BTA (-). Pada pemeriksaan radiologi ada gambaran opak homogen pada lapang paru kanan bawah yang menutupi sinus kostofrenikus kanan dan ada meniscus sign. Diagnosis pasien ini adalah ...

    A. TB paru
    B. Efusi pleura
    C. Bronkopneumonia
    D. Pneumonia
    E. Empiema


  115. Laki-laki 65 tahun datang ke IGD RS karena sesak 2 hari terakhir. Sesak sudah dirasakan sejak 10 tahun, riwayat merokok sejak usia 17 tahun. Sesak dirasakan semakin parah dengan aktivitas. Ada riwayat DM. Pada pemeriksaan didapatkan retraksi otot bantu nafas, ronkhi dan wheezing di kedua lapang paru. Gambaran foto toraks menunjukkan diafragma datar, celah iga melebar, dan jantung berbentuk tear drop. Apakah terapi yang tepat untuk diberikan saat ini ?

    A. Nebulisasi SABA
    B. MDI
    C. Nebulisasi SABA + MDI
    D. pMDI
    E. Nebulisasi SABA + pMDI


  116. Seorang laki-laki usia 65 tahun datang dengan keluhan batuk darah sejak dua hari yang lalu. Pasien mengaku dalam dua bulan terakhir mengalami penurunan berat badan kurang lebih 8 kg. Pasien juga memiliki riwayat merokok sejak usia 15 tahun dan mengonsumsi 2 bungkus rokok dalam sehari. Diagnosis pada kasus tersebut adalah...

    A. Karsinoma paru
    B. TB paru
    C. PPOK
    D. Bronkiektasis
    E. Asma


  117. Laki-laki berusia 72 tahun datang ke IGD Rumah Sakit dengan keluhan sesak nafas sejak 8 jam sebelum masuk rumah sakit, disertai rasa berdebar-debar dan melayang. Riwayat 10 hari yang lalu operasi pembuluh darah pada tungkai kanan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tampak sakit berat, tekanan darah 100/60 mmHg, nadi 120 kali/menit, frekuensi napas 32 kali/menit dan suhu normal. Pada pemeriksaan X-ray thorax didapatkan gambaran Palla's sign (+), Westernmark’s sign (+) dan Hampton's hump (+). Apa diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini ?

    A. Pneumotoraks
    B. Emboli paru
    C. Gagal gantung
    D. Efusi Pleura
    E. DVT


  118. Seorang bayi laki-laki usia 9 bulan dibawa ibunya ke IGD Rumah Sakit dengan keluhan sesak. Sesak dirasakan sudah sejak 3 hari yang lalu, memberat sejak kemarin. Keluhan disertai demam, mengi dan batuk grok-grok. Pada pemeriksaan fisik didapatkan frekuensi napas 60 kali/menit, nadi 100 kali/menit, dan suhu aksila 37,6°C. Pada pemeriksaan toraks didapatkan retraksi subkosta, wheezing, dan perkusi hipersonor. Apa diagnosis bayi di atas ?

    A. Pneumonia
    B. Bronkhitis
    C. Bronkhiolitis akut
    D. Asma bronkhiale
    E. Bronkopneumonia


  119. Seorang laki-laki usia 32 tahun datang dengan keluhan sesak dengan napas berbunyi hilang timbul sejak 6 bulan yang lalu, disertai batuk berdahak warna putih. Riwayat serupa pada ibu pasien. Pada pemeriksaan fisik didapatkan takipnea dan wheezing (+). Pemeriksaan penunjang yang tepat dilakukan kepada pasien adalah ...

    A. Skin prick test
    B. Spirometri
    C. Foto toraks
    D. AGD
    E. Laboratorium darah


  120. Anak laki-laki berusia 2 tahun datang dengan keluhan batuk yang memberat sejak 7 hari yang lalu. Setiap episode batuk kira-kira sebanyak 5-6 kali, selanjutnya diikuti tarikan napas yang dalam dan diakhiri suara melengking. Setelah itu wajah pasien tampak kebiruan, lakrimasi, hipersalivasi, dan peningkatan vena leher. Apakah diganosisnya ?

    A. Pertusis
    B. Croup
    C. Pneumonia
    D. Bronkiolitis
    E. Asma bronkial


  121. Laki-laki 48 tahun diantar ke UGD karena sesak sejak 2 hari. Didapatkan keluhan muntah sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/70 mmHg, napas 30 kali/menit, nadi 110 kali/menit, suhu 38.5°C. Pada analisis gas darah didapatkan pH 7.3, pCO2 29 mmHg, HCO3 48 mEq/L, PO2 89 mmHg, dan base excess 2,7. Apakah yang terjadi pada pasien tersebut ?

    A. Asidosis metabolik dengan kompensasi alkalosis respiratorik
    B. Alkalosis respiratorik dengan kompensasi asidosis metabolik
    C. Asidosis respiratorik tanpa kompensasi
    D. Asidosis respiratorik dengan kompensasi alkalosis metabolik
    E. Asidosis respiratorik dengan kompensasi alkalosis respiratorik


  122. Pasien datang dengan keluhan benjolan di leher kanan sejak 1 bulan. Keluhan disertai dengan batuk berdahak, keringat malam hari, dan penurunan berat badan sejak 2 bulan. Tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan regio colli dexta tampak massa berukuran 1-1.5 cm, mobile, dan tidak nyeri. Dilakukan pemeriksaan LED dan histopatologi, hasilnya didapatkan LED 110 dan gambaran granulomatosis. Terapi yang tepat untuk kasus ini adalah ...

    A. Radioterapi
    B. OAINS
    C. OAT
    D. Kemoterapi
    E. Steroid


  123. Pasien wanita usia 58 tahun datang dengan keluhan sesak 1 minggu. Jika batuk terasa nyeri pada dada. Pasien merasa lebih nyaman berbaring ke sisi kanan. Riwayat pengobatan TB sejak 2 tahun. Pemeriksaan fisik menunjukkan tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 100 kali/menit, napas 18 kali/menit, suhu 36,2°C. Pada pemeriksaan fisik didapatkan gerakan nafas kanan tertinggal, perkusi ICS 5 ke bawah hemitoraks dekstra redup, dan vesikuler hemitoraks dekstra menurun. Patofisiologi yang mendasari kelainan ini adalah ...

    A. Transudat
    B. Peningkatan tekanan hidrostatik
    C. Penurunan tekanan hidrostatik
    D. Hipoalbumin
    E. Eksudat spesifik


  124. Seorang wanita 25 tahun dibawa ke IGD RS dengan keluhan nyeri dada kiri disertai sesak nafas sejak 1 jam yang lalu. Keluhan dirasakan sejak 2 hari lalu dan makin lama makin memberat. Pasien bukan merupakan seorang perokok. Pada pemeriksaan didapatkan TB 180 cm, BB 50kg, RR 28 kali/menit, suhu aksila 37°C, gerak dada kiri tertinggal, vocal fremitus menurun, perkusi hipersonor, dan suara vesikuler menurun. Diagnosisnya adalah ...

    A. Pneumotoraks primer
    B. Pneumotoraks sekunder
    C. Pneumotoraks tension
    D. Pneumotoraks iatrogenik
    E. Pneumotoraks katamenial


  125. Pasien laki-laki usia 55 tahun datang ke IGD dengan keluhan sesak napas sejak 2 jam yang lalu. Pasien memiliki riwayat merokok lama tapi sudah berhenti 2 tahun yang lalu. Tanda vital: TD140/80, mmHg, nadi 98, kali/menit, napas 25 kali/menit, dan suhu 38,7°C. Pemeriksaan fisik: perkusi redup pada dada kanan. Foto toraks: sudut kostofrenikus dekstra menghilang, meniscus sign (+). Apa diagnosis pasien di atas?

    A. Pneumotoraks
    B. Pleuritis TB
    C. Hemotoraks
    D. TB paru
    E. Efusi pleura


  126. Seorang laki-laki usia 21 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan demam sejak 2 hari. Keluhan disertai sulit membuka mulut dan keluar banyak air liur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 110/80 mmHg, nadi 90 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit dan suhu aksila 38,30C. Didapatkan juga trismus 2 cm, tonsil membesar, detritus (+), dan uvula terdorong ke sisi kanan. Apa diagnosis pasien di atas ?

    A. Tonsilitis akut
    B. Tonsilitis kronik
    C. Abses peritonsil
    D. Abses retrotonsil
    E. Abses Bezold


  127. Laki-laki usia 23 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan keluar cairan yang berbau dari telinga kanan sejak 1 bulan yang lalu. Pasien merasa pendengaran telinga kanan tidak sebaik telinga kiri. Sebelumnya pasien pernah keluar cairan dari telinga saat usia 6 tahun. Pada pemeriksaan fisik didapatkan fistula preaurikula dekstra, dan pada pemeriksaan otoskopi tampak perforasi marginal. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. OMA stadium supuratif
    B. OMA stadium perforasi
    C. OMSK tubotimpani
    D. OMSK atikoantral
    E. Otitis media efusi


  128. Anak laki-laki berumur 12 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan nyeri telinga bagian kanan 3 hari. Sebelumnya ada keluhan batuk berdahak, pilek dan demam. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit dan suhu aksila 37,6°C. Pada pemeriksaan otoskopi ditemukan gambaran membran timpani seperti pada gambar dibawah. Apakah kemungkinan diagnosis pasien ini ?

    A. Otitis media akut stadium hiperemis
    B. Otitis media akut stadium oklusi
    C. Otitis media akut stadium supurasi
    D. Otitis media akut stadium perforasi
    E. Otitis media akut stadium resolusi


  129. Laki-laki berusia 50 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan nyeri di pipi kanan. Keluhan dirasakan semakin memberat saat sore hari. Keluhan disertai dengan keluar lendir berwarna kehijauan, kental, dan berbau dari lubang hidung kanan, serta hidung tersumbat. Pada pemeriksaan fisik ditemukan nyeri tekan pada pipi kanan dan tes transluminasi redup di pipi kanan. Pemeriksaan penunjang apakah yang tepat pada pasien ini ?

    A. Foto Schedel
    B. Foto Schuller
    C. Foto Caldwell
    D. Foto Waters
    E. Rinoskopi posterior


  130. Laki-laki usia 38 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan nyeri belakang telinga sebelah kiri. Riwayat keluar cairan dari telinga kiri yang berbau. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda-tanda vital dalam batas normal, pemeriksaan otoskopi didapatkan perforasi atik membran timpani AS, sedangkan pada pemeriksaan lokalis leher didapatkan benjolan sepanjang leher kiri hingga ke atas klavikula kiri, hipermis, tampak fluktuatif, dan nyeri tekan. Apa diagnosis yang paling mungkin ?

    A. Mastoiditis akut
    B. Abses leher dalam
    C. Abses Bezold
    D. Abses postaurikuler
    E. Abses temporal


  131. Wanita 29 tahun datang dengan keluhan hidung tersumbat bergantian kanan kiri selama 1 tahun. Riwayat bersin-bersin dan ingus kental putih. Keluhan membaik jika pasien menghirup minyak kayu putih. Riwayat alergi (-), riwayat keluarga dengan keluhan serupa (-). Pada pemeriksaan fisik didapatkan konka edema kemerahan dan terdapat sekret seromukosa. Apakah diagnosis yang tepat ?

    A. Rhinitis alergika
    B. Rhinitis vasomotor
    C. Rhinitis atrofi
    D. Rhinitis medikamentosa
    E. Rhinitis virus


  132. Seorang wanita 25 tahun datang dengan keluhan pusing berputar, mual dan muntah, serta melayang bila berjalan. Pasien baru pulang dari liburan menaiki kapal. Mekanisme terjadinya hal tersebut adalah…

    A. Iskemik organ vestibuler
    B. Hidrops endolimfe
    C. Kanalithiasis
    D. Ketidakseimbangan sensoris dan persepsi organ vestibuler
    E. Infeksi virus nervus vestibularis


  133. Laki-laki 52 tahun datang dengan keluhan keluar darah dari kedua lubang hidung. Darah merah segar ± 500 cc, keluhan baru pertama kali dirasakan. Ada riwayat hipertensi tidak terkontrol. Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang dalam batas normal. Apa kemungkinan diagnosis pada pasien ini ?

    A. Epistaksis anterior
    B. Epistaksis posterior
    C. Barotrauma
    D. DIC
    E. Karsinoma nasofaring


  134. Anak usia 10 tahun diantar oleh ibunya ke Puskesmas karena mengeluh nyeri menelan sejak 2 hari yang lalu. Keluhan lainnya berupa demam, batuk pilek, dan badan pegal-pegal. Pemeriksaan fisik didapatkan faring hiperemis dan tonsil T2/T2. Apa pilihan antibiotik yang tepat untuk kasus ini ?

    A. Penisilin
    B. Sefalosporin
    C. Kuinolon
    D. Kloramfenikol
    E. Tetrasiklin


  135. Laki-laki usia 50 tahun datang ke PKM dengan keluhan mimisan hilang timbul sejak 3 bulan terakhir disertai hidung tersumbat dan berbau busuk, telinga terasa penuh, dan pendengaran berkurang. Keluhan dirasakan terutama di telinga sebelah kanan. Pada pemeriksaan fisik tampak benjolan di leher kanan yang tidak nyeri saat ditekan. Pada pemeriksaan rhinoskopi anterior didapatkan massa berbenjol pada bagian posterior hidung kanan, fenomena palatum mole (-). Otoskopi: membran timpani tampak retraksi. Apakah diagnosis pasien ?

    A. Angiofibroma nasofaring
    B. Tumor nasofaring
    C. Limfadenitis colli
    D. Sinusitis maksilaris
    E. Polip nasi


  136. Laki-laki usia 23 tahun, datang dengan keluhan nyeri menelan, disertai suara makin serak sejak 2 minggu yang lalu. Terdapat riwayat penurunan berat badan sejak satu bulan yang lalu sebanyak 6 kg. Pada pemeriksaan laringoskopi indirek ada massa di plica vocalis, pergerakan plica vocalis normal, dan simetris. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. Tumor faring
    B. Tumor laring
    C. Nodul pita suara
    D. Laringitis
    E. Laringotrakeitis


  137. Seorang laki-laki berusia 9 tahun dibawa ibunya dengan keluhan nyeri pada telinga kanan sejak semalam. Keluhan disertai telinga kanan terasa buntu. Penderita seorang atlet renang dan dua hari sebelumnya berlatih di sebuah klub renang. Apakah diagnosis yang paling mungkin ?

    A. Eczema pada meatus auditorius eksternus kanan
    B. Otitis eksterna maligna kanan
    C. Furunkel pada meatus auditorius eksternus kanan
    D. Herpes zoster pada otikus kanan
    E. Otitis eksterna pada meatus auditorius eksternus kanan


  138. Laki-laki usia 20 tahun datang dengan keluhan nyeri pada telinga kanan yang disertai keluar cairan dan sebelumnya sempat demam. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 73 kali/menit, napas 22 kali/menit, suhu 39°C. Pemeriksaan telinga menunjukkan sekret mukopurulen di liang telinga, membran timpai hiperemis, dan perforasi pada kedua telinga. Terapi yang dapat diberikan adalah ...

    A. Kloramfenikol 100 mg / 8 jam
    B. Amoxicilin 500 mg/ 8 jam
    C. Cefixime 100 mg/ 8 jam
    D. Metronidazol 500 mg/ 8 jam
    E. Ciprofloxacin 500 mg/ 8 jam


  139. Anak usia 8 tahun dibawa ke RS dengan keluhan nyeri telinga kiri sejak 3 hari yang lalu. Pemeriksaan fisik menunjukkan nadi 90kali/menit, suhu 39°C, napas 20 kali/menit. Pada pemeriksaan otoskopi tampak bula menonjol di membran timpani, berisi cairan, dan dasar kemerahan. Apa diagnosis pasien tersebut ?

    A. Miringitis bulosa
    B. OMA
    C. OE difusa
    D. OE sirkumskripta
    E. Mastoditis


  140. Perempuan usia 45 tahun datang dengan keluhan sulit mendengar. Pendengaran dikatakan membaik pada ruangan yang bising. Terkadang telinga juga terasa mendengung. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Pemeriksaan dengan garpu tala didapatkan kesan tuli konduksi. Apa penanganan yang dapat diberikan pada pasien ?

    A. Kortikosteroid topikal
    B. Anti-histamin
    C. Kortikosteroid sistemik
    D. Dekongestan
    E. Antibiotik


  141. Wanita 24 tahun datang ke Poliklinik dengan keluhan mata kanan-kiri merah sejak 3 minggu lalu. Selain itu mata dirasakan nyeri, silau, dan penglihatan buram. Tidak ada riwayat trauma dan pemakaian kontak lensa. Keluhan ini pernah dirasakan 2 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan lokalis mata didapatkan VODS 20/200, injeksi silier (+), terdapat keratik presipitat, kedalaman bilik mata depan sedang, fibrin (+), pupil ireguler, dan sinekia posterior (+). Apa terapi awal yang diberikan ?

    A. Tetes mata steroid
    B. Tetes mata antibiotik
    C. Tetes mata antiglaukoma
    D. Tetes mata kombinasi steroid dengan antibiotik
    E. Salep mata steroid


  142. Anak perempuan usia 5 tahun datang bersama ibunya ke Puskesmas dengan keluhan mata merah dan berair sejak 3 hari ini. Keluhan seperti ini sering terjadi, anak sering bersin-bersin di pagi hari, lalu membaik dengan sendirinya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal dan pada pemeriksaan status lokalis mata didapatkan injeksi konjungtiva ringan ODS disertai dengan giant papil pada konjungtiva palpebra superior. Apakah diagnosis anak tersebut ?

    A. Konjungtivitis virus
    B. Konjungtivitis vernal
    C. Konjungtivitis non-spesifik
    D. Keratitis bakterial
    E. Keratitis alergi


  143. Wanita 63 tahun mengeluh nyeri di sekitar mata dan pusing. Keluhan disertai dengan mata buram. Pemeriksaan mata menunjukkan visus OD 1/300, TIO OD 61,8 mmHg, OS tampak tenang dan terdapat kekeruhan tidak merata pada lensa. Diagnosis yang tepat pada kasus ini adalah ...

    A. Glaukoma akut sudut tertutup
    B. Glaukoma sudut terbuka
    C. Glaukoma sekunder
    D. Glaukoma diabetes
    E. Glaukoma kronis


  144. Seorang wanita 38 tahun, datang dengan keluhan mata buram jika melihat jauh. Status oftalmologikus didapatkan VOD 6/36, VOS 6/60. Jika dikoreksi dengan spheris -2.00 OD dan -2.75 OS visus kedua mata menjadi 6/6. Diagnosis yang tepat adalah …

    A. Anisometropia
    B. Presbiopia
    C. Miopia ringan
    D. Miopia sedang
    E. Hipermetropia


  145. Perempuan 14 tahun, datang dengan keluhan mata bengkak dan nyeri sejak tiga hari. Benjolan awalnya kecil dan kemudian menjadi besar. Pada konjungtiva tarsal superior teraba massa 0,5 cm, hiperemis, dan nyeri tekan (+). Dimanakah lokasi infeksi pada pasien ini ?

    A. Glandula Meibom
    B. Glandula lakrimal
    C. Sel Goblet
    D. Duktus lakrimalis
    E. Sakus lakrimalis


  146. Seorang laki-laki datang dengan keluhan mata merah dan mengganjal setelah matanya terkena serpihan besi. Pada pemeriksaan didapatkan visus kedua mata dalam batas normal, namun terdapat konjungtiva hiperemis dan terlihat benda asing. Terapi yang tepat adalah ...

    A. Antibiotik oral
    B. Antibiotik topikal
    C. Kortikosteroid topikal
    D. Analgetik topikal
    E. Antijamur topikal


  147. Seorang anak usia 2 tahun datang dengan pandangan kabur dan sering menabrak benda di rumah saat senja. Pada pemeriksaan kedua mata ditemukan bercak Bitot pada konjungtiva. Anak tampak kurang gizi. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah ?

    A. Pinguekulitis
    B. Anisometropia
    C. Xeroftalmia
    D. Astigmatisme
    E. Ambliopia


  148. Perempuan 65 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan benjolan pada kelopak mata kanan bagian bawah sejak 3 bulan yang lalu. Benjolan semakin lama semakin membesar dan nyeri, selain itu terdapat jugaa mata berair dan keluar kotoran mata. Pasien sering menggunakan obat tetes mata. Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan berukuran 2x2 cm pada kantus palpebra inferior, hiperemis, nyeri tekan, dan keluar pus pada kelenjar lakrimal ketika ditekan. Apakah diagnosis pasien di atas ?

    A. Dakriosistitis
    B. Dakrioadenitis
    C. Sindrom mata kering
    D. Subconjunctival hemorrhage
    E. Obstruksi duktus nasolakrimal


  149. Wanita 45 tahun datang dengan keluhan mata perih, terasa mengganjal, dan berpasir. Keluhan dirasakan pada kedua mata. Penurunan penglihatan disangkal. Pasien sering di depan komputer dan memakai kontak lensa. Dari pemeriksaan didapatkan injeksi konjungtiva, injeksi siliar ODS, dan foamy tears konjungtiva forniks. Pemeriksaan tambahan apa yang tepat untuk dilakukan ?

    A. Tes Seidel
    B. Tes Schirmer
    C. Tes fluoroscene
    D. Tonometri
    E. Papan placido


  150. Laki-Laki 35 tahun datang dengan keluhan pandangan ganda. Keluhan tersebut berkurang apabila ditutup salah satu matanya. Pemeriksaan mata kanan tes Hirschberg eksotropia 20 derajat. VOS normal. Diagnosis yang tepat pada kasus ini adalah ...

    A. Diplopia monokular
    B. Diplopia bonokular
    C. Ambliopia
    D. Alternans eksotropia
    E. Monovision


  151. Laki laki 25 tahun diantar ke IGD karena dikeluhkan mengamuk sejak 1 hari yang lalu. Ada riwayat diputuskan hubungan oleh pacarnya 6 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan status mental didapatkan waham nihilistik, afek disforik, autistik, dan halusinasi akustik. Diagnosis yang mungkin adalah...

    A. Psikotik
    B. Gangguan waham menetap
    C. Depresi berat dengan gejala psikotik
    D. Skizofrenia
    E. Gangguan bipolar episode kini depresi


  152. Wanita 20 tahun mengeluhkan merasa sedih sejak 2 tahun yang lalu. Sedih timbul tanpa penyebab yang jelas. Keluhan tidak mengganggu aktivitas sehari hari. Pasien memutuskan berobat karena ingin merasa bahagia. Pasien tidak dapat lagi menikmati kegiatan yang sebelumnya ia senangi. Apa diagnosis kasus ini ?

    A. Distimia
    B. Depresi ringan
    C. Depresi sedang
    D. Depresi berat
    E. Gangguan campuran cemas depresi


  153. Seorang anak usia 12 tahun diantar oleh ibunya ke dokter karena tidak ada kontak mata saat bicara. Sehari-hari anak kegiatan tersebut bangun pagi dan melihat mobil-mobilan yang berjalan. Jika kegiatan tersebut diubah, anak tersebut mengamuk. Diagnosis yang paling mungkin adalah...

    A. Autisme
    B. Mutisme
    C. ADHD
    D. Gangguan perhatian dan hiperaktivitas
    E. Mutisme elektif


  154. Seorang wanita dibawa suaminya karena sering marah-marah, tidak tidur selama 2 hari, dan sulit diajak komunikasi karena perkataan yang tidak nyambung. Pasien kadang bernyanyi-nyanyi sendiri, serta didapatkan riwayat sering melakukan sesuatu berulang-ulang. Keluhan ini terjadi terus-menerus. Terapi yang paling tepat pada kasus ini adalah ...

    A. Fluoksetin
    B. Amitriptilin
    C. Carbamazepine
    D. Clobazam
    E. Lorazepam


  155. Laki-laki usia 40 tahun datang ke poliklinik psikiatri dengan keluhan sering merasa cemas. Hal itu dialami pasien sejak 3 bulan yang lalu. Keluhan ini terjadi sejak rumahnya kebakaran dan anaknya yang masih bayi ikut meninggal dalam kejadian tersebut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Apa terapi yang tepat ?

    A. CPZ
    B. Risperidon
    C. Diazepam
    D. Haloperidol
    E. Sertralin


  156. Pasien perempuan usia 20 tahun datang dengan keluhan tidak dapat melihat. Setelah dikoreksi dengan kacamata pasien dapat membaca dengan baik. Dari anamnesis lebih lanjut diketahui bahwa pasien memiliki riwayat melihat kakak kandungnya melakukan perbuatan tidak senonoh kepada teman dekatnya. Pasien sangat mengidolakan kakaknya. Pasien adalah orang yang sangat taat beragama. Diagnosis pasien tersebut adalah ...

    A. Fobia
    B. Miopia
    C. Hipermetropia
    D. Gangguan depresi
    E. Gangguan konversi


  157. Seorang perempuan usia 27 tahun datang dengan keluhan selalu merasa cemas akan terkontaminasi oleh kuman, sehingga pasien selalu membawa hand sanitizer dan selalu menggunakannya berkali-kali setiap aktivitas di rumah maupun di luar rumah. Pasien sadar bahwa hal tersebut tidak rasional, tetapi tetap dilakukan untuk mengurangi cemasnya. Tanda vital dalam batas normal. Apa diagnosisnya ?

    A. Gangguan obsesif kompulsif
    B. Gangguan kepripadian obsesif kompulsif
    C. Gangguan cemas menyeluruh
    D. Hipokondriasis
    E. Gangguan kepribadian paranoid


  158. Seorang pria 45 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan badan terasa kaku di seluruh tubuh dan tangan terasa mudah bergetar. Keluhan ini muncul sejak mendapatkan pengobatan dengan haloperidol. Apakah terapi yang tepat untuk pasien ini ?

    A. Alprazolam
    B. Lorazepam
    C. Bromokriptin
    D. Dantrolen
    E. Trihexiphenidil


  159. Wanita usi 25th dibawa keluarganya ke IGD RS karena banyak berbicara serta tertawa dan akhir-akhir ini sering keluar rumah bersama teman-temannya. Saat dilakukan pemeriksaan, tampak dandanan yang mencolok. Sebelumnya, menurut keluraga, pasien memiliki riwayat ingin bunuh diri, tidak nafsu makan, tidak mau keluar kamar, dan tidak mau berinteraksi dengan orang luar. Pemeriksaan fisik dalam batas normal, suhu afebris. Apa diagnosis pasien ini ?

    A. Skizoafektif dengan gejala manik
    B. Gangguan bipolar, episode manik dengan gejala psikotik
    C. Gangguan bipolar, episode depresif tanpa gejala psikotik
    D. Gangguan bipolar, episode manik tanpa gejala psikotik
    E. Gangguan bipolar, episode depresif dengan gejala psikotik


  160. Seorang laki-laki berusia 18 tahun dibawa ke IGD oleh keluarganya karena kejang sejak 30 menit yang lalu. Pasien memiliki riwayat mengonsumsi narkotika. Dari pemeriksaan fisik didapatkan pupil pinpoint. Kemungkinan diagnosisnya adalah …

    A. Intoksikasi opioid
    B. Intoksikasi alkohol
    C. Sindroma putus obat opioid
    D. Sindroma putus obat amfetamin
    E. Intoksikasi amfetamin


  161. Pria 24 tahun, mengeluh mulut mencong ke kanan sejak 2 hari lalu. Selain itu, mata kanan pasien juga tidak bisa tertutup. Pada pemeriksaan, didapatkan dahi kanan pasien tidak dapat dikerutkan. Diagnosis kasus ini adalah ….

    A. Bell’s palsy
    B. Mielinosis pontin sentral
    C. Tumor sudut serebelopontin
    D. Stroke
    E. Tumor pons


  162. Wanita 70 tahun, mengalami kelemahan tubuh sisi kanan setelah bangun tidur. Selain itu, pasien juga bicara pelo dan wajah mencong. Tidak ada riwayat kejang, penurunan kesadaran, sakit kepala maupun mual muntah. Diagnosis kasus ini adalah ....

    A. Stroke infark
    B. Stroke pendarahan
    C. Syok hipovolemik
    D. Hematoma serebral
    E. Pendarahan epidural


  163. Pria 30 tahun mengeluh nyeri kepala yang sangat hebat. Pasien sempat muntah. Pada pemeriksaan didapatkan kesadaran compos mentis, tekanan darah 170/100 mmHg, nadi 90 kali/menit, napas 28 kali/menit, dan suhu 37°C. Pada pemeriksaan neurologis didapatkan kaku kuduk. Apakah diagnosis kasus tersebut ?

    A. Perdarahan intraserebral
    B. Perdarahan epidural
    C. Meningitis bakteri
    D. Perdarahan subarachnoid
    E. Meningitis viral


  164. Pria 40 tahun mengeluh nyeri kepala berulang sejak 2 hari yang lalu. Nyeri kepala seperti tertekan dan leher terasa kaku. Nyeri kepala tidak memberat saat aktivitas. Apa diagnosis pada pasien di atas ?

    A. Cluster type headache
    B. Migrain tanpa aura
    C. Migrain komplikasi
    D. Migrain dengan aura
    E. Tension type headache


  165. Perempuan 30 tahun datang dengan keluhan kelopak mata sering menutup pada sore hari. Pada pagi hari mata kelopak mata membuka sempurna. Pada pemeriksaan fisik didapatkan ptosis. Pemeriksaan yang tepat untuk menegakkan diagnosis kasus di atas adalah …

    A. Tensilon
    B. Warternberg
    C. Arm drop
    D. Flick sign
    E. Tinel test


  166. Pria 40 tahun datang ke IGD dengan keluhan sulit membuka mulut sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai kejang sebanyak 1 kali dan sulit menelan. Dua minggu yang lalu pasien tertusuk paku namun tidak diobati. Pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/70 mmHg, nadi 78 kali/menit, suhu 38oC, trismus 2 cm, disfagia dan defans muskular. Obat muscle relaxant yang tepat diberikan adalah…

    A. Diazepam
    B. Fenitoin
    C. Fenobarbital
    D. Clonazepam
    E. Midazolam


  167. Anak perempuan usia satu hari datang dengan keluhan terdapat benjolan di punggung sejak lahir. Saat menangis anggota gerak bawah tidak banyak bergerak. Pasien lahir dari persalinan normal, namun dinyatakan berat badan rendah, usia kehamilan ibu pasien cukup bulan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan massa di punggung L2-L3 terbungkus selaput. Anggota ekstremitas bawah tidak bergerak saat menangis. Apa kemungkinan diagnosisnya ?

    A. Meningoencephalocele
    B. Meningocele
    C. Meningomielocele
    D. Spina bifida okulta
    E. Spina bifida kista


  168. Seorang pria usia 60 tahun datang diantar oleh istrinya karena tiba-tiba sulit berbicara. Pasien mampu mengulangi kata-kata yang diucapkan dokter, namun pasien tidak mengerti apa yang orang lain ucapkan. Pasien merasa bagian kanan tubuhnya lemah dan susah diangkat terutama tangan dan kaki. Pasien ada riwayat darah tinggi. Apakah diagnosis pada pasien ini ?

    A. Aphasia Broca
    B. Aphasia Wernicke
    C. Aphasia transkortikal campuran
    D. Aphasia transkortikal sensorik
    E. Aphasia transkortikal motorik


  169. Seorang pria 60 tahun dibawa ke RS oleh anaknya karena sering gemetaran saat istirahat dan langkahnya kecil saat berjalan. Pada pemeriksaan didapatkan status generalis dalam batas normal, namun terdapat tremor, bradikinesia, dan rigiditas. Neurotransmitter apa yang mengalami penurunan kadar pada kasus ini ?

    A. Norepinefrin
    B. Seritonin
    C. Dopamin
    D. Asetilkolin
    E. Epinefrin


  170. Laki-laki datang dengan keluhan baal pada tubuh di bagian pusar ke bawah. Dimanakah letak kelainan sarafnya ?

    A. T9
    B. T10
    C. L5
    D. L4
    E. S1


  171. Pasien laki-laki usia 27 tahun, mengeluhkan nyeri punggung sejak 1 hari setelah jatuh dari pohon. Nyeri menjalar hingga tungkai bawah, pasien merasa kebas, dan tidak bisa buang air kecil. Apa diagnosis pasien ?

    A. Trauma cerebral
    B. Trauma medula spinalis
    C. Stroke infark
    D. Infeksi medula spinalis
    E. Penyakit degeneratif


  172. Seorang wanita 28 tahun datang ke dokter diantar suaminya dengan keluhan sering terjatuh saat berjalan. Pasien sering jatuh ke arah kiri, tidak ada mual dan muntah. Pasien juga mengeluhkan sering pusing berputar. Telinga berdenging (-) dan penurunan pendengaran (-). Pada pemeriksaan fisik didapatkan nistagmus (+) dan tes Romberg (+). Apa diagnosis yang mungkin ?

    A. Tumor parietal
    B. Tumor mesensephalon
    C. Tumor temporal
    D. Tumor serebellum
    E. Tumor frontal


  173. Seorang laki-laki usia 45 tahun datang dengan keluhan nyeri setelah jatuh dari pohon coklat sehari yang lalu. Tanda vital normal. Pada pemeriksaan fisik ditemukan anestesi setinggi umbilikus hingga akral. Pasien tidak bisa buang air kecil sehingga memakai kateter urin sejak kemarin dari Puskesmas. Diagnosis apa yang mungkin pada pasien ini ?

    A. Complete spinal transection
    B. Caudal medullare syndrome
    C. Conus medullare syndrome
    D. Epiconus medullare syndrome
    E. Brown medullare syndrome


  174. Ibu membawa anaknya yang berusia 18 bulan ke IGD, dengan keluhan kejang 1 jam yang lalu. Kejang berlangsung 10 menit, dengan gerakan menghentak-hentak. Saat kejang anak tidak sadar, setelah kejang anak tidur kembali. Sebelumnya pasien dikatakan demam, batuk, dan pilek sejak 2 hari. Tidak didapatkan riwayat kejang sebelumnya. Pemeriksaan fisik menunjukkan nadi 112 kali/menit, napas 30 kali/menit, suhu 38°C. Dari status neurologi tidak didapatkan defisit neuorologi. Apa diagnosis pasien tersebut ?

    A. Konvulsi
    B. Epilesi
    C. Kejang demam sederhana
    D. Kejang demam kompleks
    E. Meningitis


  175. Pasien laki-laki usia 30 tahun, dibawa ke IGD dengan nyeri kelopak mata kiri dan tidak dapat menutup kelopak mata dengan penuh. Pasien juga kesulitan saat mengedipkan kelopak mata kiri dan kesulitan minum dari sedotan. Palpebra inferior OS tampak kemerahan, terdapat 2 mm jarak antara kelopak mata atas dan bawah OS saat menutup mata. Gangguan terdapat pada ...

    A. N. III
    B. N. I
    C. N. IV
    D. N. VII
    E. N. VI


  176. Pasien laki-laki 70 tahun datang ke IGD diantar keluarganya karena penurunan kesadaran. Sebelumnya pasien sempat mengeluhkan sakit kepala hebat dan muntah sebanyak 2 kali. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 210/110 mmHg, nadi 88 kali/menit, napas 20 kali/menit, suhu aksila 37°C. Apakah penanganan awal pada pasien tersebut ?

    A. Pemberian oksigen dan infus dextrose 5%
    B. Infus NaCl 0,3% dan obat antihipertensi
    C. Pemberian oksigen dan infus NaCl 0.9%
    D. Pemberian oksigen dan obat antihipertensi
    E. Infus NaCl 0.9% dan obat antihipertensi


  177. Anak usia 3 tahun datang ke IGD dengan keluhan kejang sejak 3 hari. Pasien kejang tonik klonik, lidah menggigit, dan mata mendelik keatas. Tindakan awal di IGD adalah …

    A. Fenitoin IV 20 mg/kgBB
    B. Fenobarbital IV 10 mg/kgBB
    C. Diazepam IV 0,5 mg/kgBB
    D. Parasetamol PO 10 mg/kgBB
    E. Diazepam rektal 0,5/kgBB


  178. Laki-laki usia 32 tahun dengan nyeri kepala sejak 2 hari. Nyeri seperti tertusuk pada mata kiri, dahi hingga pelipis kiri. Keluhan disertai hidung tersumbat, mata bengkak, dan berair sebelah kiri. Keluhan pernah dirasakan 1 tahun yang lalu. Pemeriksaan fisik ditemukan lakrimasi dan rhinorrhea. Tanda vital dalam batas normal. Status neurologis dalam batas normal. Diagnosis yang mungkin adalah ...

    A. Neuralgia trigeminal
    B. Migrain dengan aura
    C. Tension type headache
    D. Migrain tanpa aura
    E. Cluster headache


  179. Pasien seorang 34 tahun dibawa ke IGD oleh keluarganya dengan keluhan tidak bisa berjalan sejak 12 jam yang lalu dengan riwayat kecelakaan sebelumnya. Sesaat setelah jatuh pasien tidak bisa menggerakkan kedua kaki dan tidak bisa merasakan BAB dan BAK. Tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan neurologis, kekuatan ekstrimitas 5-5/0-0, ekstremitas bawah flaccid dan atoni otot, pada pemeriksaan sensoris pada dermaton T4-S4 terganggu, pada pemeriksaan refleks fisiologis menurun, tidak ada refleks patologis ataupun tanda rangsang meningeal, pada saraf otonom ada inkontinensia alvi dan urin. Pada pemeriksaan colok dubur, sfingter ani eksterna tidak menjepit kuat. Pada pemeriksaan ronsen torakolumbar tampak fraktur T4. Apa diagnosis pasien ?

    A. Spondilosis
    B. Complete spinal transectional
    C. Mielitis transversalis
    D. Sindrom Guillen-Bairre
    E. Tumor medulla spinalis


  180. Laki-laki 60 tahun dibawa keluarga karena lemah pada tangan dan kakinya. Keluhan awalnya dirasakan pada kaki dan menjalar ke bagian tubuh atas. Dua minggu sebelumnya pasien pernah mengeluhkan sakit tenggorokan. Apa diagnosis pada kasus ini ?

    A. Myasthenia gravis
    B. GBS
    C. Bell’s palsy
    D. Stroke infark
    E. Stroke


  181. Di suatu daerah didapatkan bahwa terjadi 20 kelahiran setiap 4.000 penduduk. Angka kelahiran kasar di daerah tersebut adalah …

    A. 5 per 1000 penduduk
    B. 20 per 1000 penduduk
    C. 1 per 10 penduduk
    D. 1 per 100 penduduk
    E. 1 per 4000 penduduk


  182. Seorang peneliti ingin melakukan penelitian tentang seks bebas pada remaja. Sampel penelitian diperoleh dengan metode …

    A. Simple random sampling
    B. Cluster random sampling
    C. Snow ball
    D. Total sampling
    E. Stratified random sampling


  183. Diadakan suatu penelitian tentang pengaruh pemberian susu formula pada bayi di bawah 1 tahun terhadap angka kejadian asma. Dilakukan dengan cara membagi satu kelompok yang mengonsumsi susu formula dan kelompok lainnya mendapatkan ASI, kemudian diamati selama 1 tahun. Jenis penelitian yang sesuai adalah ...

    A. Cohort
    B. Case control
    C. Randomized controlled trial (RCT)
    D. Community trial
    E. Cross sectional


  184. Seorang peneliti ingin melakukan analisis terkait paparan asbes terhadap kejadian karsinoma paru. Terdapat 30 orang yang positif karsinoma paru dan terpapar asbes. 20 orang negatif dan tidak. 120 orang positif dan tidak terpapar abses, dan 130 orang negatif tanpa paparan. Berapa nilai odds ratio (OR) ?

    A. (30x130)/(20x120)
    B. (20x120)/(30x130)
    C. (30x120)/(20/130)
    D. (130x20)/(120x30)
    E. (130x120)/(30x20)


  185. Seorang mahasiswa melakukan penelitian mengenai hubungan derajat dehidrasi pada balita yang mengalami diare dengan usia balita. Variabel derajat dehidrasi dibagi menjadi dehidrasi ringan, sedang, dan berat. Sedangkat variabel independen diukur berdasarkan usia balita. Penelitian tersebut menggunakan desain penelitian cross sectional. Apakah uji hipotesis yang tepat untuk penelitan tersebut ?

    A. Paired T test
    B. Independent T test
    C. Anova
    D. Regresi logistik
    E. Regresi linier


  186. BPJS tidak hanya mengatur biaya untuk JKN, tetapi BPJS juga mengatur pihak-pihak yang mendapatkan penerima biaya iuran (PBI). Manakah di antara kelompok di bawah ini yang berhak untuk menjadi PBI ?

    A. Orang-orang dengan penyakit kronik
    B. Fakir miskin
    C. Keluarga dengan anak >5
    D. Anak yatim piatu
    E. Kepala desa


  187. Seorang pasien ingin menjalani pengobatan, namun tidak paham tentang perbedaan JKN dan BPJS. Perbedaan keduanya adalah…

    A. JKN lebih tinggi dari BPJS
    B. BPJS lebih tinggi dari JKN
    C. JKN adalah program, BPJS adalah badan penyelenggara
    D. BPJS adalah program, JKN adalah pelaksana programnya
    E. JKN dibuat oleh BPJS sebagai asuransi kesehatan


  188. Syarat pembuatan keanggotaan BPJS Kesehatan untuk janin yang masih dalam kandungan adalah …

    A. Anak ke-2
    B. Kelas anak harus lebih rendah daripada kelas orangtua
    C. Anak harus ikut BPJS ayah
    D. Surat hasil pemeriksaan dokter yang mengatakan ada DJJ janin
    E. Ibu tidak melakukan imunisasi


  189. Laki laki 50 tahun di bawa keluarganya karena terjatuh di kamar mandi. Sebelumnya pasien pernah terjatuh saat memasang kaca di gedung berlantai 9 bulan yang lalu. Pasien sudah memiliki BPJS sejak 2 tahun yang lalu. Dokter meminta pasien menggunakan alat bantu berjalan untuk digunakan sehari- hari. Jenis jaminan yang digunakan ...

    A. Jaminan kecelakaan kerja
    B. Jaminan tenaga kerja
    C. Jaminan kesehatan
    D. Jaminan hari tua
    E. Jaminan kematian


  190. Seorang sejawat dokter mengalami kecelakaan lalu lintas. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa sejawat tersebut dalam keadaan sedang mabuk dengan alasan sedang ada masalah berat. Sejawat tersebut meminta tolong kepada dokter untuk tidak menuliskannya dalam rekam medik karena takut karirnya akan terancam. Tindakan yang sebaiknya dilakukan dokter adalah …

    A. Menyuruh dokter lain untuk menulis
    B. Menyuruh perawat untuk menulis
    C. Tidak menulis dengan alasan kemanusiaan
    D. Tetap menulis di rekam medik
    E. Menuliskan di resume pasien saja


  191. Seorang dokter datang ke RS untuk visite pasien pada siang hari karena pagi hari ada rapat. Keluarga pasien marah-marah karena telah menunggu dokter dari pagi. Kaidah yang telah dilanggar dokter tersebut adalah …

    A. Sumpah dokter
    B. KODEKI
    C. Disiplin
    D. Moral
    E. Sopan santun


  192. Laki-laki berusia 45 tahun datang sendirian ke klinik anda untuk meminta surat keterangan sakit kepada anda. Surat tersebut untuk anaknya yang berumur 11 tahun dan sudah 2 hari tidak masuk sekolah karena sakit, namun pasien beli obat sendiri di warung. Pasien tidak dijinkan ikut ujian jika tidak diberi surat keterangan sakit oleh dokter. Sikap terbaik Anda sebagai dokter adalah ?

    A. Memberi surat sakit karena pasien meminta
    B. Tidak memberi surat sakit karena tidak berobat ke klinik anda
    C. Meminta ibu tersebut datang ke klinik anda lagi dengan anaknya
    D. Memberi surat sakit karena tinggal tulis
    E. Tidak memberi surat sakit karena tudak ada untungnya buat anda


  193. Laki-laki 30 tahun dibawa ke Puskemas karena nyeri perut kanan bawah sejak 1 hari yang lalu. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, dokter menjelaskan bahwa pasien menderita appendistis akut dan harus dirujuk ke dokter spesialis bedah di RS untuk di operasi. Apa jenis rujukan pada kasus di atas ?

    A. Rujukan kasus tanpa diagnosis
    B. Rujukan tenaga ahli
    C. Rujukan horizontal
    D. Rujukan spesimen
    E. Rujukan vertikal


  194. Puskesmas menemukan kasus diare balita meningkat dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya, dokter melaporkan ke Dinkes setempat. Termasuk kondisi apa masalah kesehatan tersebut ?

    A. Wabah
    B. Endemik
    C. Kejadian luar biasa
    D. Pandemik
    E. Epidemik


  195. Di sebuah provinsi, terdapat 12 orang meninggal secara tiba-tiba. 10 orang dari yang meninggal diketahui telah memakan melon kuning yang terindikasi mengandung bakteri patogen, dari 100 orang yang telah memakan melon kuning tersebut. Menggunakan penilaian epidemiologi manakah yang tepat untuk menilai penyebab kematian pada kasus tersebut ?

    A. Prevalensi
    B. Mortality rate
    C. Case fatality rate
    D. Attack rate
    E. Insidensi


  196. Seorang dokter dipanggil untuk mengikuti olah TKP. Disana, ditemukan sesosok mayat dengan livor mortis di bagian kaudal yang tidak hilang dengan penekanan, kaku mayat seluruh tubuh yang sulit dilawan, dan belum ditemukan pembusukan di tubuh mayat. Perkiraan lama kematian yang paling tepat adalah ...

    A. 6-12 jam
    B. 24-36 jam
    C. 12-24 jam
    D. 24-48 jam
    E. 48-72 jam


  197. Polisi membawa mayat bayi untuk diautopsi. Pada pemeriksaan, ditemukan luka lecet seperti bulan sabit di sekitar mulut, hidung, dan pipi. Wajah tampak gelap, sklera mata merah, mukosa bibir dan ujung-ujung jari kebiruan. Apa pola perlukaan pada jenazah bayi tersebut ?

    A. Pola pencekikan
    B. Pola akibat pemukulan
    C. Pola luka pembekapan
    D. Pola luka akibat benturan
    E. Pola luka akibat penganiayaan


  198. Mayat laki-laki korban kecelakaan akan di visum, dari pemeriksaan ditemukan luka terbuka pada kepala ukuran 7 cm x 5 cm x 3 cm, bentuk tidak beraturan, tepi tidak rata, berbatas tegas, terdapat jembatan jaringan, dasar otak, berwarna putih kemerahan, dan memar disekitar kepala. Apa kesimpulannya ?

    A. Luka terbuka disertai memar pada kepala oleh kekerasan benda tumpul
    B. Luka terbuka pada kepala oleh kekerasan benda tumpul
    C. Luka robek disertai memar pada kepala oleh kekekarasan benda tumpul
    D. Luka terbuka disertai memar pada kepala oleh karena kekerasa benda tajam
    E. Luka robek oleh karena kekerasan benda tumpul


  199. Seorang mayat dibawa ke forensik untuk dilakukan otopsi. Pada pemeriksaan luar didapatkan kebiruan pada wajah, mulut, ujung ujung jari, keluar busa dari mulut dan hidung, Tardieu's spot (+), dan lebam pada leher depan. Pada pemeriksaan dalam didapatkan sembab paru, bintik kemerahan pada mukosa usus, perikardium, paru, tulang lidah padat, dan tulang gondok patah. Apa kemungkinan penyebab kematian ?

    A. Gantung
    B. Pembekapan
    C. Penyumbatan
    D. Pencekikan
    E. Penjeratan


  200. Seorang pria di pesawat yang sedang take-off terlihat memegang leher dan dada serta terlihat megap-megap. Kemudian pramugari memberikan bantuan oksigen namun nyawa pria tersebut tidak dapat tertolong. Setelah pesawat mendarat, pasien dilarikan ke rumah sakit. Dari informasi pramugari, pria tersebut sempat mengeluh nyeri-nyeri pada sendi dan perut terasa kembung. Dari pemeriksaan luar tidak ditemukan sianosis atau bau almond. Apa perkiraan mekanisme kematiannya ?

    A. Sindrom hipobarik
    B. Sindrom hiperbarik
    C. Keracunan potassium
    D. Keracunan sianida
    E. Keracunan monoksida


Tinggal selangkah lagi!

Tidak perlu membayar apapun! Kamu cukup mengisi data dirimu pada formulir di bawah ini. Setelah itu, kamu dapat melihat skor dan jawaban yang benar dari setiap pertanyaan tryout! Enjoy!

Periode ujian:   Februari 2019    Mei 2019